Friday, 19 April 2024
HomeBeritaPiala AFF 2020 Kena Tunda Lagi, Kini Menjadi Desember 2021

Piala AFF 2020 Kena Tunda Lagi, Kini Menjadi Desember 2021

BOGORDAILY –  kembali mengalami perubahan jadwal. AFF sepakat untuk menunda lagi turnamen ini ke akhir tahun 2021, tepatnya mulai 5 Desember tahun depan.

Ini adalah perubahan jadwal Piala AFF yang kedua. Sebelumnya AFF juga sempat memindahkan jadwal ajang ini ke 11 April hingga 8 Mei 2021.

Sedianya, ajang dua tahunan ini akan digelar pada akhir tahun 2020. Namun tak bisa terlaksana tepat waktu karena pandemi virus corona.

“Prioritas utama kami adalah kesehatan dan keselamatan semua orang yang terkait dengan ajang ini (Piala AFF). Karena itu, kami terus memantau perkembangan COVID-19, baik di kawasan ASEAN maupun di seluruh dunia,” kata Presiden AFF Mayor Jenderal Khiev Sameth dalam rilis resmi.

“Meskipun terdapat hasil yang menggembirakan dalam pengembangan vaksin, kami menyadari bahwa proses persetujuan vaksin, serta kepraktisan distribusi, dan implementasi program vaksin di seluruh dunia termasuk ASEAN akan memakan waktu lama,” ujarnya lagi.

Adapun penundaan kedua untuk  ini terpaksa diambil karena khawatir akan ada benturan jadwal dengan event lain. Misalnya dengan sisa Kualifikasi Piala Dunia 2022 zona Asia yang akan diselenggarakan pada Maret 2021.

Kebetulan, ada empat anggota AFF berada di grup yang sama pada babak kedua Kualifikasi Piala Dunia 2020. Mereka adalah Indonesia, Malaysia, Thailand, dan Vietnam yang tergabung di Grup G bersama Uni Emirat Arab (UEA).

Sampai saat ini, AFC juga belum punya jadwal pasti untuk lanjutan kualifikasi itu. Konfederasi Sepakbola Asia baru menargetkan sisa laga itu akan digelar Maret 2021.

Rencananya Piala AFF akan digelar mulai Desember 2021 hingga 1 Januari 2022. Pemilihan jadwal ini dinilai ideal agar turnamen tetap bisa digelar dengan format kandang-tandang dari babak grup hingga penyisihan.

“Mengingat kerumitan jadwal penyelenggaraan acara, dan banyak pihak, serta organisasi yang terkena dampaknya, AFF percaya dalam mengambil pendekatan pragmatis ini dan membuat keputusan lebih awal yang akan memungkinkan para pemangku kepentingan dalam event ini agar memiliki cukup waktu untuk mengatur ulang kegiatan mereka.”

“Sehingga perencanaan akhir tahun dapat difokuskan ke Piala AFF yang merupakan ajang besar sepakbola di regional ini (ASEAN).”

“Melihat padatnya jadwal sepak bola untuk tahun 2021, baik internasional maupun domestik yang telah berlangsung sejak tahun 2020, sehingga penyelenggaraan di bulan Desember dinilai sebagai waktu yang ideal.

“Rencananya (Piala AFF) digelar mulai 5 Desember hingga 1 Januari 2022, agar turnamen bisa digelar dalam format penuh dengan pertandingan kandang dan tandang di babak grup dan sistem gugur, dan dengan stadion yang dipenuhi penggemar untuk mendukung tim mereka,” kata Khiev Sameth mengakhiri pernyataan.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here