Monday, 6 May 2024
HomeBeritaSinyal Kuat Kecamatan Rumpin Jadi Ibu Kota Kabupaten Bogor Barat

Sinyal Kuat Kecamatan Rumpin Jadi Ibu Kota Kabupaten Bogor Barat

BOGOR DAILY – yang baru saja diteken Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil pada Jumat (04/12/2020) kemarin, membuat hangat dibicarakan karena wacana pemindahan Ibu Kota Bogor Barat dari Kecamatan Cigudeg ke Kecamatan Rumpin.

Hal tersebut disampaikan oleh Wakil Bupati, Iwan Setiawan bahwa wacana pemindahan Ibu Kota Bogor barat nantinya akan dibahas kembali untuk ditempatkan di Kecamatan Rumpin.

“Saat ini kita tunggu pencabutan moratorium dulu saja, baru akan mengkaji kembali terkait Ibu Kota Bogor Barat,” Kata Iwan

Alasan tersebut disampaikan oleh Iwan bahwa pemindahan ke Kecamatan Rumpin tidak semerta-merta atas dasar keinginan saja, tentunya melalui pengkajian.

“Salah satu alasan pindah ke Rumpin karena mayoritas wilayah Cigudeg itu zona merah bencana, sementara itu kalau di Rumpin wilayahnya strategi dan aksesnya pun baik karena pembatasan antar provinsi,” ungkapnya.

Adapun Calon Daerah Persiapan Otonomi Baru (CDPOB) yang disahkan oleh Gubernur Jawa Barat dan DPRD Provinsi Jawa Barat yakni Kabupaten Bogor Barat, Kabupaten Sukabumi Utara dan Kabupaten Garut Selatan.

Sementara itu, Ke-14 Kecamatan yang masuk ke dalam CDPOB Kabupaten Bogor Barat yakni, Kecamatan Dramaga, Tenjolaya, Ciampea, Cibungbulang, Pamijahan, Leuwiliang, Leuwisadeng, Nanggung, Sukajaya, Cigudeg, Jasinga, Tenjo, Parungpanjang dan Rumpin. (Egi) 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here