Thursday, 25 April 2024
HomeBeritaVaksin Sinovac Sudah Tiba, RI Sampaikan Apresiasi untuk China

Vaksin Sinovac Sudah Tiba, RI Sampaikan Apresiasi untuk China

BOGORDAILY – Vaksin Sinovac sudah datang ke Indonesia. Vaksin itu merupakan vaksin COVID-19 buatan Republik Rakyat China (RRC). Indonesia mengapresiasi pemerintah China yang telah bersedia bekerjasama dengan Indonesia dalam pengadaan vaksin ini.

“Pada kesempatan kali ini izinkan saya atas nama pemerintah menyampaikan apresiasi kepada pemerintah dan otoritas RRT (Republik Rakyat Tiongkok) yang telah memberikan kerja sama yang baik selama ini,” kata Menteri Luar Negeri RI Retno Lestari Priansari Marsudi dalam konferensi pers daring lewat kanal YouTube, Kemkominfo TV, Senin (7/12/2020).

1,7 Juta dosis telah tiba di RI pada Minggu (6/12) kemarin. Retno menjelaskan, RI terus menjalin komunikasi dengan pihak China pada pekan-pekan terakhir ini hingga akhirnya vaksin itu datang. Retno menjalin komunikasi dengan Menteri Luar Negeri China, Wang Yi.

“Di satu-dua minggu terakhir, komunikasi dengan otoritas RRT, sudah tidak dilakukan day by day tetapi hour by hour,” kata Retno.

Retno juga memuji peran Kedutaan Besar Republik Indonesia (KBRI) di Beijing yang menjembatani otoritas China dan Sinovac dengan Indonesia. Pengadaan vaksin ini dikatakannya dilakukan dengan hati-hati.

“Dilakuan dengan penuh kehati-hatian sesuai aturan yang berlaku,” kata Retno.

Vaksin COVID-19 dari Sinovac tersebut telah tiba di Indonesia dengan diangkut pesawat Garuda, mendarat di Bandung, Minggu (6/12) kemarin. Vaksin itu akan disimpan oleh PT Bio Farma. Vaksin itu akan diuji oleh BPOM dan MUI terlebih dahulu.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here