Thursday, 2 May 2024
HomeBeritaWawancara Eksklusif bersama DR. Fachri Fachrudin M.E.I dari STAI Al-Hidayah Bogor

Wawancara Eksklusif bersama DR. Fachri Fachrudin M.E.I dari STAI Al-Hidayah Bogor

BOGOR DAILY – Mengerti dengan jelas serta memahami keilmuan agama yang baik dan benar perlu dilakukan agar keserasian dalam kehidupan kita semua berjalan dengan baik dan berkah.

Salah satunya dengan fokus menuntut ilmu agama yang syar'i, yang dicontohkan secara jelas oleh Baginda Rasulullah Muhammad SAW. Pada liputan sesi weekend akhir tahun ini, Bogordaily.net berkesempatan untuk bertemu secara eksklusif dengan DR. Fachri Fachrudin M.E.I yang merupakan Wakil Ketua III Bidang Kerjasama dari STAI Al-Hidayah Bogor, salah satu sekolah tinggi agama Islam terbaik yang ada di Jawa Barat, bahkan Indonesia.

Menarik membahas banyak sekali keunggulan yang ada di STAI Al-Hidayah Bogor akan menggugah para pembaca untuk menyimak artikel berikut ini.

Yuk kita simak bersama petikan wawancara bersama DR. Fachri berikut ini :

1. Sejak kapan anda bergabung di STAI Al-Hidayah Bogor ???…
Jawaban :
√ Saya bergabung dengan STAI Al-Hidayah Bogor sejak tahun 2007, waktu itu saya diberi amanat sebagai dosen tetap Program Studi hukum Keluarga Islam. Yang secara kebetulah Program Studi Hukum Keluarga Islam ini adalah salah satu Program Studi yang khusus melahirkan sarjana-sarjana Islam dengan kompetensi Hukum Islam dan Keluarga.

2. Apa alasan Anda untuk berjuang bersama dengan bergabung di STAI Al-Hidayah Bogor ???…
Jawaban :
√ Pertama, Karena Sekolah Tinggi Agama Islam memiliki komitmen yang kuat dalam memegang dan mewujudkan tujuan pendidikan tinggi sesuai dengan harapan masyarakat dan amanat negara.

Kedua, Sekolah Tinggi Agama Islam Al-Hidayah Bogor bukan hanya menjadi sebuah lembaga pendidikan tinggi, akan tetapi juga menjadi sarana pembentukkan karakter bangsa yang religius dan berakhlak mulia. Dan hal ini dipertahankan terus oleh Sekolah Tinggi Agama Islam Al-Hidayah hingga menjadi perguruan tinggi yang terbaik se-Jawa Barat tingkat Sekolah Tinggi.

Ketiga, Budaya dan lingkungan kampus yang mendorong serta memotivasi warga kampus untuk bisa menjadi pribadi yang baik.

3. Menurut anda, program perkuliahan apa yang menjadi unggulan nomor 1 di STAI Al-Hidayah Bogor dan sebutkan alasannya ???…
Jawaban :
√ Saya merasa semua program studi bisa menjadi unggulan di STAI Al-Hidayah Bogor, karena seperti tadi yang saya sampaikan sebelumnya bahwa seluruh program studi yang di STAI Al-Hidayah Bogor bukan sekedar mencetak atau meluluskan seorang sarjana saja, akan tetapi bagaimana karakter kuat seorang muslim atau muslimah dapat terbentuk dalam diri sarjana-sarjana lulusan STAI Al-Hidayah Bogor. Untuk itu kita punya standarisasi kompetensi khusus bagi para lulusan, selain mereka harus dekat, mengenal dan tumbuh bersama Al-Qur'an, juga membiasakan mereka dalam budaya dan lingkungan kampus Islami.

4. Apa yang menjadi acuan untuk masyarakat luas agar memilih belajar serta kuliahnya di STAI Al-Hidayah Bogor ???…
Jawaban :
√ Komitmen kuat kampus STAI Al-Hidayah dalam mengenalkan pendidikan Islam kepada para mahasiswa adalah acuan yang paling kuat ditengah globalisasi dan modernisasi pendidikan di negeri kita. Sehingga para mahasiswa tidak kehilangan jati diri mereka sebagai seorang muslim dan muslimah, di sisi yang lain mereka pun adalah intelektual muda yang memiliki wawasan keilmuan seiring perkembangan jaman.

5. Saat ini sudah berapa jumlah mahasiswa dan alumni dari STAI Al-Hidayah Bogor ???…
Jawaban :
√ Alumni STAI Al-Hidayah banyak tersebar di berbagai institusi swasta maupun negeri. Ribuan alumni kami banyak berkiprah dan digunakan oleh para pengguna alumni, hingga dapat dikatakan kiprah dan peran mereka di masyarakat sangat dibutuhkan dan diakui.

6. Apa target anda kedepan, dalam menuntaskan target dari program keunggulan STAI Al-Hidayah Bogor agar dapat terlaksana dan tuntas ???…
Jawaban :
√ Target terdekat kami adalah menambah program studi yang ada dengan Program Studi KPI (Komunikasi dan Penyiaran Islam), serta Program Pasca Sarjana Pendidikan Agama Islam Dan Ilmu Al Qur'an Dan Tafsir. Di bidang penguatan kompetensi Ilmu Al Qur'an Dan Bahasa Arab, kami akan memberikan lisensi khusus bagi para mahasiswa hafidz dan hafidzah juga program standarisasi bahasa Arab tingkat Internasional.

7. Sebutkan 3 kata yang mencerminkan keunggulan dari kampus STAI Al-Hidayah Bogor ???…
Jawaban :
√ Islami, Unggul dan Berakhlak Mulia.

=============================

Biodata Lengkap
DR. Fachri Fachrudin M.E.I
• Wakil Ketua III Bidang Kerjasama STAI Al-Hidayah Bogor •

√ Nama Lengkap : Fachri Fachrudin

√ TTL : 9 Desember 1974

√ Alamat : Perum BHS/Kanara No.63 RT. 003/001 Sukamantri Tamansari Bogor

√ Hobby : Olah Raga,

√ Quote : “Engkau akan bersama dengan orang yang engkau cintai”

√ Pendidikan :
1. SD CIbalagung II Ciomas Bogor
2. SMP PGRI III Bogor
3. SMKK Negeri Bogor
4. S1 STAI Al-HIdayah Bogor
5. S2 UIKA Bogor
6. S3 UIN Sunan Gunung Djati Bandung

(Red-BDN).

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here