Friday, 26 April 2024
HomeBeritaYuk Kenali Swab Test Antigen bersama Rumah Sakit Azra Bogor!

Yuk Kenali Swab Test Antigen bersama Rumah Sakit Azra Bogor!

BOGORDAILY – Sampai sekarang, banyaknya macam macam alat untuk mendeteksi virus Corona yang pastinya mempunyai kelebihan dan kekurangannya masing-masing. Namun, banyaknya masyarakat yang bingung untuk membedakan antara satu jenis tes dengan jenis yang lainnya.

Unit PKRS (Promosi Kesehatan Rumah Sakit) Bogor mengatakan Swab Test Antigen merupakan test yang dirancang untuk mendeteksi protein tertentu dari virus yang memunculkan respon kekebalan tubuh.

Test antigen merupakan test imun yang berfungsi untuk mendeteksi keberadaan antigen virus tertentu, yang menunjukkan adanya infeksi virus saat ini.

Mengutip rilis resmi dari Unit PKRS (Promosi Kesehatan Rumah Sakit) Bogor, Swab Test Antigen biasanya digunakan untuk mendiagnosis patogen pernapasan, seperti virus Influenza dan Respiratory Syncytial Virus atau (RSV).

Cara kerja soal test antigen yaitu, antigen yang merupakan molekul mampu menstimulasi respon imun, molekul tersebut dapat berupa protein, polisakarida lipid, atau asam nukleat. Tiap antigen memiliki fitur permukaan yang berbeda-beda yang dikenali oleh sistem kekebalan.

SARS-CoV-2 virus yang menyebabkan Covid-19 memiliki beberapa antigen yang diketahui yaitu, nukleokapsid fosfoprotein dan spike glikoprotein.

Swab test antigen dapat mengungkapkan bila seseorang yang saat ini sedang terinfeksi patogen seperti virus SARS-CoV-2. Berbeda halnya dengan PCR yang mendeteksi keberadaan materi genetik, swab test antigen dapat mendeteksi protein atau glikan, seperti protein lonjakan yang ditemukan di permukaan SARS-CoV-2.

Swab test antigen dapat digunakan untuk melakukan screening atas orang-orang yang beresiko dan untuk mengisolasi kasus positif serta memprioritaskan pengambilan sampel dari orang yang hasilnya negatif. Sehingga tindakan pencegahan penularan infeksi dapat segera dilakukan.

Kembali mengutip dalam rilis resmi Bogor, bila hasilnya positif, dokter masih perlu melakukan test PCR untuk memastikan diagnosis.

Cara pengambilan swab test antigen yaitu, mengambil sampel berupa lendir dalam hidung (nasofaring) sesuai dengan jenis antigen yang digunakan, berbeda dengan rapid test antibodi yang mengambil sampel dari darah.

(Shandra).

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here