900 Korban Banjir Puncak Diungsikan di Wisma PTPN

  • Whatsapp
900 Korban Banjir Puncak Diungsikan di Wisma PTPN

Bogordaily- Tercatat sekitar 900 jiwa terdampak banjir bandang di Gunung Mas, kawasan Puncak, Desa Tugu Selatan, Kecamatan Cisarua, Kabupaten Bogor diungsikan. Petugas masih mendata angka pastinya karena proses asesmen masih berlangsung.

Kabid Kedaruratan BPBD Kabupaten Bogor Raya Alfajar mengatakan upaya penanganan masih terus dilakukan dan pasca longsor susulan situasi di lokasi sudah mulai kondusif.

“Sekarang situasi berangsur kondusif, hanya ada dua orang korban yang masih shock dan sudah mendapat penanganan Dinas Kesehatan. Dievakuasi ke Rumah Sakit Paru dan puskesmas. Evakuasi masih dilakukan di lokasi,” kata Raya, Selasa (19/1/2021).

Raya menuturkan 900 jiwa itu berasal dari empat RT dan dua RW. Jumlah itu masih bersifat sementara karena pendataan masih berlangsung.

Selain itu Wakil Bupati Bogor Iwan Setiawan saat ini sudah berada di lokasi untuk melakukan upaya agar tidak terjadi kerumunan di lokasi.

“Penanganan dengan pak wabup, dengan beliau kita atur penempatan evakuasi warga di lokasi yang memungkinkan. Kita upayakan (pengungsian) tidak di tenda, kita antisipasi empat hari ke depan warga yang mengungsi kita tempatkan di sekitar lokasi Gunung Mas. Salah satunya di Wisma PTPN kita upayakan tidak bertumpuk,” tutur Raya.

“Masih dari data BPBD ada sekitar 900 jiwa terdampak, warga sementara diungsikan di rumah saudaranya dan sebagian di wisma PTPN 8 Gunung Mas,” lanjut Ramli.

“Situasi di lokasi sampai saat ini masih belum kondusif, saat ini masih terjadi banjir susulan sekitar pukul 12.05 WIB,” imbuhnya.

Diberitakan sebelumnya, bencana banjir bandang terjadi kawasan Puncak Kecamatan Cisarua Kabupaten Bogor, Selasa (19/1/2021). Ratusan warga diinformasikan mengungsi karena tempat tinggalnya dihantam lumpur akibat banjir bandang.

“Iya hari ini banjir bandang terjadi di sekitar Gunung Mas Puncak, Desa Tugu Selatan, Cisarua. Ini luapan dari sungai, dari bukit. Sementara kita masih mendata,” kata Kepala Tagana Kabupaten Bogor Taufik.

Loading...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *