Thursday, 25 April 2024
HomeBeritaBaca Surat Yasin Setiap Jumat, Hidup Makin Berkah dan Rezeki Lancar

Baca Surat Yasin Setiap Jumat, Hidup Makin Berkah dan Rezeki Lancar

BOGORDAILY.NET- merupakan surat ke-36 dalam Al-Quran dan diturunkan pada periode pertengahan di Makkah (sebelum hijrah), sehingga termasuk dalam surat Makkiyah. Dalam tradisi masyarakat Indonesia menjadi salah satu surat yang selalu dibaca oleh kaum muslim, khususnya ketika hari Jumat.

memiliki tiga hal pokok, yaitu keimanan kepada hari kebangkitan, kisah penduduk desa, dan dalil-dalil yang menunjukkan bahwa Allah itu Esa. Selain itu, surat ini juga mengungkapkan tentang surga dan sifatnya yang disediakan bagi orang mukmin.

Selain dibaca pada hari Jum'at, juga biasa dibaca ketika ada orang sedang sakaratul maut, mengirimi doa untuk keluarga, kerabat atau untuk teman yang sudah meninggal, dan bisa juga dibaca sebagai bentuk ungkapan rasa syukur. terdiri dari 83 ayat dan dijuluki sebagai jantung dari Al-Quran.

Berikut ini informasi lengkap mengenai 5 manfaat membaca , rezeki lancar dan hidup berkah.

1. Dilimpahkan Kebahagiaan
Manfaat membaca yang pertama adalah dapat dilimpahkan kebahagiaan. Terutama ketika ini dibaca setiap hari, selain akan membuat batin menjadi lebih tenang dan tidak gelisah, akan banyak orang juga yang menyukai atas izin Allah SWT.

“Orang-orang yang beriman dan hati mereka menjadi tenteram dengan mengingat Allah. Ingatlah, hanya dengan mengingat Allah-lah hati menjadi tenteram.” (Ar-ra'ad :28).

2. Rezeki Lancar
Manfaat membaca berikutnya adalah mendapatkan kelancaran rezeki. Termasuk juga kelancaran rezeki ini berupa dimudahkan segala keinginan dan hajatnya, dengan terus istiqomah dan berusaha sekuat tenaga maka Allah SWT akan semakin mempermudah segalanya.

“Barang siapa yang membaca dari pagi hari, maka pekerjaan di hari itu dimudahkan dengan keberhasilan, dan jika membacanya di akhir suatu hari maka tugasnya hingga pagi hari berikutnya akan dimudahkan juga.” (Sunaan daarimi juz 2 halaman 549).

3. Diampuni Dosa
Surat yasin selain dapat mendatangkan keselamatan dan kebahagiaan ternyata juga bisa membuat pahala yang didapat lebih berlipat ganda. Selain itu, dosa-dosa yang dimiliki semasa hidup walaupun dosa itu sebesar gunung akan semakin mudah diampuni oleh Allah SWT.

“Siapa yang membaca (surat) Yasin pada malam hari dengan mengharap keridhoan Allah maka diampuni dosa-dosanya.” (HR. At Thabrani dan Al-Bayhaqi, dari Abu hurairah ra).

4. Dijauhkan dari Malapetaka
Selanjutnya, membaca surat Yasin ini juga merupakan salah satu cara agar bisa terbebas dari petaka. Allah SWT akan lebih melindungi, termasuk diselamatkan selama hidup di dunia, tidak diberi penyakit yang membahayakan, mati syahid, dimudahkan saat akan keluar ruh, bahkan diberi keselamatan juga ketika di akhirat nanti.

“Barang siapa yang membiasakan membaca yasin setiap malam maka tanpa terduga dia menemui ajalnya, maka matinya dalam keadaan syahid.” (HR.At- thobroni, dari pernyataan Anas bin malik). ***

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here