Friday, 3 May 2024
HomeKota BogorBeri Teladan, Wakil Bupati Bogor Jadi Orang Pertama yang Divaksin

Beri Teladan, Wakil Bupati Bogor Jadi Orang Pertama yang Divaksin

Bogordaily.net – Supaya menjadi teladan bagi masyarakat Kabupaten Bogor. Wakil Bupati (Wabup)  Bogor Iwan Setiawan bakal jadi orang pertama yang divaksin di Kabupaten Bogor. Sikap itu untuk meyakinkan masyarakat  bahwa yang diberikan pemerintah pusat sudah teruji secara klinis.
“Kami sudah konsultasi, kami siap untuk divaksin. Mudah-mudahan menjadi contoh masyarakat Kabupaten Bogor untuk siap divaksin juga,” tuturnya.
Ia juga menyampaikan bahwa covid-19 yang sudah tersebar dan dilakukan vaksinasi di beberapa daerah di Indonesia sudah dicap halal oleh Majelis Ulama Indonesia (MUI).
“Selain sudah teruji klinis, saya juga dapat informasi bahwa MUI juga sudah menggaransi tersebut suci dan halal,” paparnya.
Untuk lebih meyakinkan masyarakat, ia pun menyampaikan bahwa pemerintah tidak akan mungkin memutuskan sesuatu tanpa ada ahlinya begitupun dengan pemberian covid-19.
“Pembicaraan pimpinan baik pusat ataupun daerah tidak hanya sekedar omongan, tapi setiap pembicaraannya sudah berdasarkan ahlinya,” jelasnya.
Selain itu, ia meneruskan meski seseorang telah melakukan vaksinasi ia tetep harus menjadi protokol kesehatan (prokes) yang berlaku.
ini upaya pemerintah supaya punya imun tinggi terhadap virus covid. Tapi tetep menjalankan 3 M. Jadi walaupun dilaksanakan Prokes tetep diberlakukan,” kata Iwan.

Hari ini, sebanyak 25.600 dosis vaksin COVID-19 untuk 12.800 tenaga kesehatan (nakes) dan pejabat Forkopimda tiba di Kabupaten Bogor, Selasa (26/1/2021) siang. Puluhan ribu ini merupakan untuk penyuntikan tahap I dan II bagi 12.800 nakes dan pejabat yang terpilih.

“Kita telah mendapatkan COVID-19 yaitu sinovac. Vaksin ini kami terima sejumlah 25.600 vaksin yang akan diberikan secara serial kepada 12. 800 sasaran,” kata Kadinkes Kabupaten Bogor Mike Kaltarina, Selasa (26/1/2021).

“Adapun penerima pertama untuk vaksin COVID-19 adalah para tenaga kesehatan, yang berada di rumah sakit, puskesmas serta klinik yang telah ditetapkan,” ucap dia menambahkan.

Proses vaksinasi di Kabupaten Bogor, rencananya dilaksanakan 28 Januari hingga akhir Februari 2021 yang berlangsung di 136 fasilitas pelayanan kesehatan (fasyankes). Proses vaksinasi ini juga akan dilakukan oleh nakes yang telah mendapat pelatihan khusus.***

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here