Biaya Rapid Tes Antigen Paling Murah di Stasiun, Cek Harganya

  • Whatsapp

BOGORDAILY.NET– Rapid test antigen menjadi syarat wajib untuk bepergian di tengah Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM). Berikut biaya terbarunya.
Di tengah masa pandemi virus Corona, hasil rapid test antigen menjadi keperluan primer yang tak terpisahkan sebagai syarat bepergian. Tak hanya untuk perjalanan, rapid test antigen juga menjadi penanda kesehatan dari COVID-19.

Sejak Desember tahun 2020 lalu, tak sedikit pihak yang menawarkan jasa rapid test antigen dengan harga yang bervariasi satu sama lain. Pihak Kemenkes sendiri telah menerapkan batasan harga bawah dan atas untuk biaya rapid test antigen.

Biayanya yakni sebesar Rp 250 ribu untuk di Pulau Jawa dan Rp 275 ribu di luar Pulau Jawa sejak 18 Desember 2020 lalu. Berkaca dari tarif ambang batas itu, para penyedia rapid test antigen mengambil patokan.

Stasiun Kereta Api
Salah satu penyedia rapid test antigen yang cukup diminati adalah stasiun kereta api yang dikelola oleh PT KAI. Sebagai moda transportasi favorit warga semua kalangan, biaya rapid test antigen di stasiun kereta disebut cukup bersahabat.

“Melengkapi syarat bepergian naik Kereta Api kini makin mudah, dengan semakin banyaknya layanan rapid test antigen dengan harga Rp 105.000 di 43 stasiun Kereta Api di Jawa dan Sumatra,” tulis PT KAI di akun Instagram resminya.

Namun, jasa itu terbatas untuk para calon penumpang kereta yang telah membeli tiket. Adapun hasil non reaktif rapid test antigen yang diterima adalah yang sampelnya diambil dalam kurun waktu maksimal 3×24 jam sebelum jam keberangkatan.

Bandara
Selain rumah sakit dan stasiun kereta api, bandara juga menjadi menyediakan rapid test antigen dengan biaya yang telah disesuaikan. Diketahui, mayoritas bandara besar di Indonesia memiliki layanan tersebut.

Bandara I Gusti Ngurah Bali menawarkan biaya rapid test antigen sebesar Rp 170.000 dengan hasil keluar sekitar 1 jam. Selain Bandara Ngurah Rai, Bandara Jenderal Ahmad Yani Semarang, Bandara Internasional Yogyakarta, Juanda (Surayabaya), Adi Soemarmo, Syamsudin Nooer (Banjarmasin) juga menawarkan rapid test antigen dengan biaya sama sebesar Rp 170.000.

Khusus Bandara Sultan Hasanuddin Makassar, biaya rapid test antigennya yakni sebesar Rp 175.000 dengan hasil 1 jam kemudian.

Bandara Soekarno Hatta di Cengkareng dan Bandara Husein Sastranegara di Bandung juga punya layanan rapid test antigen. Hanya saja biayanya sedikit lebih mahal, yakni sebesar Rp 200 ribu untuk hasil 15 menit setelah pemeriksaan.

Sedangkan di rumah sakit, umumnya mematok biaya rapid test antigen sekitar Rp 250 ribu untuk sekali rapid test antigen. Namun, harga bisa bervariasi antar rumah sakit.***

Loading...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *