Thursday, 28 March 2024
HomeBeritaButuh 3,5 Tahun untuk Vaksinasi Covid-19 Semua Penduduk Indonesia

Butuh 3,5 Tahun untuk Vaksinasi Covid-19 Semua Penduduk Indonesia

BOGOR DAILY – Menteri Kesehatan (Menkes) Budi Gunadi Sadikin memperkirakan bahwa membutuhkan waktu selama 3,5 tahun untuk dapat menyelesaikan proses Covid-19 di Indonesia

“Kira-kira butuh waktu 3,5 tahun untuk semuanya,” ucap Budi dalam laman Kemenkes yang dikutip Indozone, Sabtu (2/1/2021).

Budi menjelaskan, untuk mencapai kekebalan kelompok (herd immunity) pemerintah telah menyiapkan sebanyak 426 juta dosis vaksin untuk 181 juta penduduk Indonesia. Sesuai dengan standar dari WHO, nantinya setiap penduduk akan dilakukan dua kali penyuntikan.

“Kami menyiapkan buffer stock sebanyak 15%, jadi total yang kita butuhkan sekitar 426 juta dosis vaksin,” terangnya.

Lebih lanjut, pihaknya merinci pembelian vaksin oleh Pemerintah Indonesia berasal dari 5 jalur yakni empat produsen berasal dari bilateral yaitu Sinovac dari Tiongkok, Novavax dari Kanada-Amerika, Pfizer dari Jerman-Amerika, AstraZeneca dari Swiss-Inggris dan satu berasal dari multilateral yakni COVAX/GAVI dari aliansi vaksin GAVI dengan didukung WHO dan CEPI.

Komunikasi terus dilakukan secara intens, mengingat saat ini vaksin menjadi komoditas yang paling diperebutkan oleh seluruh negara di dunia.

“Karena memang ini belum ada barangnya, kita harus siap-siap. Jadi ada isu kemanusiaan disini, itu sebabnya kita agresif mencari vaksin, meski vaksinnya belum terbukti kita sudah DP duluan. Kenapa? Karena nanti kita ngak kebagian,” ungkap Budi.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here