Friday, 29 March 2024
HomeBeritaJelang Pensiun, Idham Aziz Ajukan Permohonan Kapolri Baru

Jelang Pensiun, Idham Aziz Ajukan Permohonan Kapolri Baru

BOGOR DAILY- Jenderal Polisi Idham Azis telah mengajukan surat permohonan penunjukan penggantinya kepada Presiden Joko Widodo alias Jokowi. Permohonan tersebut disampaikan Idham menjelang masa pensiunnya pada awal Februari tahun ini.

Kadiv Humas Mabes Polri Irjen Pol Argo Yuwono membenarkan hal tersebut. Menurut Argo, surat permohonan itu diajukan Idham kepada Jokowi melalui Menteri Sekretaris Negara (Mensesneg) Pratikno pada Selasa (5/1) kemarin.

“Ya karena mau memasuki pensiun,” kata Argo saat dikonfirmasi, Rabu (6/1/2021).

Kendati begitu, Argo memastikan bahwa Idham tidak mengajukan nama calon pengganti dirinya kepada presiden. Melainkan hanya mengajukan surat permohonan penunjukan penggantinya menjelang masa pensiun.

“Pak Idham tidak ngajukan nama,” katanya.

Duet Gatot-Listyo
Kekinian disebut-sebut telah muncul gagasan penggantian satu paket dan Wakapolri dari lingkungan Istana Kepresidenan di akhir masa jabatan Idham Azis. Komjen Pol Gatot Eddy dan Komjen Pol Listyo Sigit Prabowo ialah dua nama yang digagas bakal mengisi jabatan dan Wakapolri.

Hal itu diungkapkan oleh Presidium Indonesia Police Watch (IPW) Neta S Pane. Dia menyebut gagasan dari lingkungan Istana Kepresidenan itu mendorong Gatot yang kini menjabat sebagai Wakapolri naik menggantikan Idham Azis. Sedangkan, Listyo yang saat ini menjabat sebagai Kabareskrim Polri naik menggantikan posisi Gatot.

“Dari pantauan IPW gagasan ini semakin serius dibahas kalangan istana atau kalangan dekat Presiden Jokowi menjelang penyerahan nama baru ke DPR,” kata Neta kepada wartawan, Rabu (6/1/2021).

Sementara itu, Neta menyebut dari kalangan internal Polri justru berharap Presiden Jokowi dapat memilih jenderal senior sebagai . Begitu juga untuk posisi Wakapolri diharapkan dipilih dari jenderal senior dan bukan jenderal junior.

“Dengan demikian proses suksesi di Polri berjalan tanpa gejolak dan tanpa keresahan,” beber Neta.

Gatot diketahui merupakan jenderal bintang tiga lulusan akademi kepolisian alias Akpol angkatan 88. Sedangkan Listyo merupakan jenderal bintang tiga lulusan Akpol angkatan 91.

Neta lantas berujar, bahwasannya proses suksesi di Polri kali ini sangat berbeda dengan suksesi sebelumnya. Kekinian kata dia, suksesi Polri diwarnai situasi sosial politik yang penuh dengan dinamika, seperti kemunculan kelompok-kelompok garis keras keagamaan.

“Bagaimana pun Presiden Jokowi patut mencermati situasi dan dinamika yang berkembang. Sehingga yang dipilih tidak rentan terhadap masalah dari dinamika sosial politik yang berkembang tersebut,” katanya.

Atas hal itu, Neta berpendapat bahwa Jokowi semestinya tidak hanya memilih figur calon yang loyal. Melainkan, juga figur yang dinilai mampu mengkonsolidasikan internal Polri dengan kapabilitasnya yang disegani senior maupun juniornya.

“Selain itu figur yang dekat dengan tokoh tokoh masyarakat dan memiliki jam terbang yang tinggi dalam menjaga keamanan masyarakat. Sehingga keberadaan tersebut tidak menjadi beban sosial bagi Presiden hingga usainya masa jabatan Jokowi di 2024,” kata dia menambahkan.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here