Thursday, 28 March 2024
HomeBeritaKeutamaan Sedekah Subuh Menurut Mendiang Syekh Ali Jaber

Keutamaan Sedekah Subuh Menurut Mendiang Syekh Ali Jaber

Bogordaily.net – Selama dirawat di rumah sakit, Syekh Ali Jaber tidak pernah meninggalkan sedekah pada waktu subuh yang sering dilakukannya ketika masih sehat. Syekh Ali Jaber meyakini bahwa sedekah di waktu subuh salah satu cara yang paling mujarab agar doa terkabul.

Bersedekah memiliki keutaman tersendiri. Sedekah bisa mendatangkan banyak rezeki dan tidak akan membuat seseorang menjadi miskin. Ada waktu yang paling baik dan tepat untuk bersedekah, beberapa di antaranya adalah bersedekah pada saat sehat, saat merasa takut miskin, pada hari Jumat dan pada waktu subuh.

Dari semua waktu, subuh merupakan waktu bersedekah yang paling baik. Sebab, pada subuh akan ada dua malaikat mendoakan orang-orang yang memberikan hartanya untuk orang yang membutuhkan.

Yang bisa disedekahkan bukan hanya harta, tapi juga bisa dengan benda lain ataupun ilmu yang berguna. Hal tersebut sudah tertuang dalam hadist yang berbunyi:

“Tiada sehari pun sekalian hamba memasuki suatu pagi, kecuali ada dua malaikat yang turun. Salah satu dari malaikat berkata, ‘Ya Allah, berikanlah rezeki kepada orang yang menafkahkan hartanya’. Sementara yang lain berkata, ‘Ya Allah, kurangkanlah dari yang dimiliki orang yang menahan hartanya’.” (HR Bukhari dan Muslim).

Barang siapa yang bersedekah, maka ia akan mendapat gantinya yang lebih banyak atau berlipat ganda. Namun, bagi mereka yang enggan bersedekah dan menahan hartanya, maka akan ditahan pula rezekinya.

Sedekah sebaiknya dilakukan saat masih sehat dan tentu harus dengan niat yang baik dan ikhlas. Jika melakukan sedekah saat sudah sakit, mungkin itu hanyalah upaya untuk ‘merayu’ Allah SWT.

Oleh karena itu, rajinlah bersedekah saat masih sehat dan lakukan sedekah di waktu-waktu terbaik, terutama pada subuh.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here