Mapancas Puja-puji Kinerja Satpol PP Kota Bogor

  • Whatsapp
Fatholloh Fawait ketua DPD Mapancas kota Bogor, Senin (18/01/2021). Foto: fatholloh fawait for bogordaily.net

BOGORDAILY – Dewan Pimpinan Daerah Mahasiswa Pancasila (MAPANCAS) Kota Bogor puja-puji mengapresiasi kinerja Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP) Kota Bogor dalam penegakan perda di tengah pandemi COVID-19.

Fatholloh Fawait Ketua DPD Mapancas Kota Bogor mengatakan, saat ini Satpol PP sebagai salah satu Garda terdepan dalam pencegahan penyebaran wabah COVID-19 di Kota Bogor.

“Di tengah meningkatnya kasus terkonfirmasi COVID-19 di Kota Bogor Satpol PP terus gencar patroli melakukan sosialisasi dan menegakkan peraturan protokol kesehatan sepanjang tahun 2020 hingga saat ini,” ucap Fatholloh Fawait ketua DPD Mapancas Kota Bogor.

Seperti diberitakan sebelumnya, Mapancas juga ikut kampanye vaksinasi bersama Kodim 0606/Kota Bogor.

Dengan menyerahkan secara simbolis stiker sosialisasi Vaksinasi dan pemberlakuan pembatasan kegiatan masyarakat (PPKM).

“Hari ini kita mengadakan kegiatan sosialisasi terkait pentingnya protokol kesehatan, bersama adik-adik mahasiswa, sebagai upaya menyadarkan masyarakat sehingga dapat memutus mata rantai penyebaran Covid-19,” kata Kolonel Inf Roby Bulan komandan Kodim 0606/Kota Bogor.

“Selanjutnya kita juga meyakinkan masyarakat bahwa Vaksin Covid-19 Itu aman,” sambungnya.

Di tempat yang sama Ketua Dewan Pimpinan Daerah Mapancas Kota Bogor Fatholloh Fawait mengatakan kegiatan ini merupakan komitmen Mapancas untuk turut andil mendukung upaya pemerintah dalam memerangi pandemi Covid-19.

Baca Juga  Hadiri Rakornas Bidang Perpustakaan, Iwan Setiawan Ingin Minat Baca Masyarakat Meningkat

“Ini merupakan komitmen kami mendukung penuh pemerintah dalam hal ini Forkopimda Kota Bogor bersama kodim mensosialisasikan protokol kesehatan dan pentingnya Vaksinasi Covid-19,” katanya.

Menurut pria yang akrab dipanggil Sihol ini, pembatasan kegiatan masyarakat dan Vaksinasi Covid-19 saat ini perlu adanya sosialisasi yang menyentuh setiap lapisan masyarakat.

Melalui pendekatan antara sesama masyarakat terdampak covid dan edukasi yang lebih intens.

“Sosialisasi ini harus merata, maka dari itu mahasiswa juga harus hadir menyentuh langsung masyarakat untuk menyempurnakan kebijakan pemerintah,” ungkapnya.

“Insyaallah kita akan sentuh masyarakat lebih dekat lagi agar masyarakat siap divaksin dan mematuhi protokol kesehatan 5 M,” tambahnya.

Masih, kata Sihol, kegiatan ini juga berlanjut hingga sore hari dengan membagikan stiker Vaksinasi Covid-19 hingga nasi box kepada masyarakat yang membutuhkan dengan harapan menjadi motivasi bagi organisasi lain dan masyarakat luas untuk sama-sama berjuang melawan Covid-19.

“Kita akan bagikan goodybag berisi hand sanitazer, stiker dan masker di depan Kodim, sekitar Air Mancur dan simpang lampu merah Jambu Dua, juga nanti ada nasi box untuk masyarakat yang membutuhkan, mudah-mudahan berkah,” pungkasnya.

Menurutnya, di tengah situasi masyarakat harus bekerja dari rumah, Satpol PP harus lebih ekstra mensosialisasikan 5M dan menegakkan protokol kesehatan ke setiap sudut kota Bogor.

Baca Juga  Ciomas Hills Cegah Corona, Cek Suhu dan Semprot Desinfetan bagi Warga & Tamu yang Berkunjung

“Melihat sinergi antara unsur Polri, TNI, dan Dinas Perhubungan, POL PP gencar memberikan penyuluhan penerapan 5M sekaligus pemberian APD dan penindakan di lapangan. Pekerjaan nya pun memiliki resiko yang lebih tinggi, karena harus keluar rumah menegakkan protokol kesehatan,” ujarnya.

Sedikitnya ada dua faktor yang membuat masyarakat merasa puas atas kinerja POL PP Kota Bogor yaitu:
1. Upaya preventif POL PP pada pembatasan kegiatan masyarakat kota bogor pada wilayah yang rentan terjadinya kerumunan.
2. Upaya persuasif dan koersif POL PP Kota Bogor dengan menindak pelanggar yang tidak memperhatikan protokol kesehatan, baik masyarakat umum ataupun pelaku usaha.

Namun, ada beberapa catatan DPD MAPANCAS KOTA BOGOR terhadap kinerja SATPOL PP Kota Bogor dalam Penegakan PERDA:
1. Penindakan penertiban bangunan liar yang mengambil ruang milik jalan
2. Penindakan penertiban dugaan adanya papan iklan/reklame liar yang berpotensi kebocoran pendapatan daerah
3. Penegakan PERDA tentang KTR sebagaimana diatur dalam perda NO.10 tahun 2018 dan penegakan PERWALI tentang Penggunaan Kantong Plastik pada pusat perbelanjaan sebagaimana diatur perawali NO. 61 tahun 2018.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *