Tuesday, 30 April 2024
HomeBeritaNancy Pelosi Terpilih Lagi Jadi Ketua DPR AS

Nancy Pelosi Terpilih Lagi Jadi Ketua DPR AS

BOGOR DAILY- Suara.com – , politikus dari Partai Demokrat, terpilih kembali sebagai ketua DPR Amerika Serikat, meskipun mayoritas partainya di Kongres menyusut.

Menyadur NBC News, Selasa (5/1/2021) penghitungan terakhir memutuskan mendapatkan 216, sedangkan lawannya yakin Kevin McCarthy mendapatkan 209 suara.

Dalam pemilihan tersebut, hanya dua politikus Demokrat yakni Jared Golden dari Maine dan Conor Lamb dari Pennsylvania, memilih selain Pelosi.

Pemimpin Minoritas DPR Kevin McCarthy mendapat 209 suara dari partainya sendiri. Pelosi memenangkan suara sebelumnya untuk pembicara 220-192 atas McCarthy.

Pemilihan yang diadakan hari Minggu (3/1) menandai pengambilan sumpah Kongres AS ke-117. Dalam sepucuk surat kepada rekan-rekannya, Pelosi mengatakan Kongres baru akan bersidang selama masa-masa sulit.

“Setiap komunitas kami telah secara drastis terkena dampak pandemi dan krisis ekonomi: 350.000 kematian tragis, lebih dari 20 juta infeksi, jutaan tanpa pekerjaan – jumlah yang hampir tidak dapat dipahami,” katanya.

“Terima kasih atas kemurahan hati semangat dan patriotisme Anda untuk mengambil tantangan ini Untuk Rakyat.” sambungnya. “Saya sangat berterima kasih atas kepercayaan yang diberikan Anggota kepada saya,” tambahnya.

Karena pandemi Covid-19, pemungutan suara – yang harus dilakukan secara langsung – tampak berbeda dari pemungutan suara sebelumnya. Para anggota dipisah menjadi kelompok-kelompok kecil.

Sejumlah anggota tidak diharapkan hadir, termasuk Alcee Hastings, D-Fla., Yang sedang berjuang melawan kanker pankreas, dan David Valadao, R-Calif., Dan Maria Elvira Salazar, R-Fla., yang baru-baru ini dinyatakan positif mengidap Covid19.

Dalam sebuah pernyataan, Dr Brian Monahan, dokter yang hadir di Kongres, mengumumkan pengaturan di area gedung DPR untuk anggota yang terpapar Covid-19 namun sudah dinyatakan negatif sehingga mereka dapat memilih secara langsung sambil tetap dikarantina.

Seorang pejabat Capitol mengatakan dua Demokrat dan satu Republikan menggunakan opsi itu. Belum diketahui anggota mana yang melakukannya.

“Pengamanan setinggi mungkin telah diterapkan termasuk ventilasi terpisah di ruang ini dan fasilitas penyimpanan terpisah untuk setiap Anggota yang menggunakan Galeri 4,” kata Monahan.

“Langkah ini diperlukan hingga pemungutan suara proxy dilanjutkan sebagai opsi untuk Anggota yang terkena dampak.” sambungnya.

merupakan musuh bebuyutan Trump di Kongres, dan keduanya terlibat perselisihan selama dua tahun terakhir, terutama ketika dia melontarkan tuduhan pemakzulan terhadap presiden.

Segelintir anggota parlemen progresif dan anggota terpilih lain yang telah mengkritik kepemimpinan Pelosi akhirnya tetap memilihnya.

Di antara mereka adalah Alexandria Ocasio-Cortez, salah satu dari Demokrat paling terkenal di Washington, dan anggota parlemen baru Cori Bush, yang merupakan wanita Afrika-Amerika pertama yang mewakili Missouri di Kongres.

Biasanya ada 435 anggota DPR, tetapi hanya 427 suara yang diberikan karena beberapa anggota kongres terpilih menjalani karantina karena Covid-19.

Seorang anggota kongres terpilih dari Louisiana, Luke Letlow, meninggal karena komplikasi Covid-19 minggu lalu, beberapa hari sebelum dia akan dilantik.

Itu membuat jumlah kader dari partai Demokrat yang paling tipis dalam dua dekade, 222 hingga 211 dengan dua lowongan.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here