Thursday, 16 May 2024
HomeBeritaPunya Kebiasaan Isi Ulang Botol Mineral? Ini Lho Bahayanya!

Punya Kebiasaan Isi Ulang Botol Mineral? Ini Lho Bahayanya!

BOGORDAILY.NET – Apakah kamu suka bawa air minum dari rumah? Mungkin masih banyak orang yang suka banget bawa tempat minuman sendiri untuk aktivitas sehari-hari.

Tapi, banyak juga orang yang suka beli kemasan air mineral untuk menunjang kebutuhan minum hariannya. Tidak jarang juga kita lihat ada beberapa orang yang suka mengisi ulang air minum di kemasan plastik . Mungkin tujuannya untuk menghemat dan biar enggak sekali pakai. Padahal, menggunakan sekali pakai secara berulang bisa menyebabkan gangguan kesehatan lho guys.

Biasanya plastik minuman kemasan terbuat dari plastik polyethylene terephthalate (PET). Lambang ini biasanya juga disertai dengan kode angka 1. Meskipun aman digunakan di produk makanan, kalau Kamu menemui ini di kemasan artinya plastik kemasan hanya boleh dipakai satu kali saja.

Ciri lainnya biasanya produk ini berwarna bening, tipis, dan akan rusak kalau terkena panas atau suhu tinggi. Meskipun enggak bisa dipakai lagi, produk ini bisa didaur ulang menjadi plastik siap pakai dan bahan tekstil.

Kalau kamu masih nekat menggunakannya, berbagai risiko kesehatan siap menanti Beauty. Setelah dibuka, air minum akan terkontaminasi dengan bakteri yang ada di luar. Terlebih kalau kamu menggunakannya lagi dengan cara isi ulang. Beauty bisa mengalami keracunan dan diare akibat bakteri yang berkontaminasi dengan air yang diisi ulang.

Bahan kimia tertentu seperti monomer dapat bercampur dengan air minum jika digunakan terlalu lama. Zat-zat ini bisa menyebabkan gangguan jantung, paru-paru, hingga meningkatkan risiko kanker.

Nah gimana solusinya kalau masih sering pakai plastik untuk diisi ulang? Kamu bisa menggunakan plastik dengan kode nomor 2 yang memang bisa dipakai berulang kali.

Cirinya plastik ini lebih tebal dan punya warna keputihan mirip susu. Selain aman digunakan berulang kali, plastik ini juga aman digunakan untuk kebutuhan lainnya seperti menaruh jus, deterjen, shampo, bahkan menjadi bahan mainan. Tapi biar lebih aman, Beauty bisa mengganti plastik dengan yang terbuat dari stainless steel.***

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here