Rizal Ramli Minta BPK RI Audit Semua Proyek Infrastruktur

Menu

Mode Gelap
Breaking News, Pesawat Rimbun Air Hilang Kontak di Papua Lokasi Simling Kota Bogor, Rabu 15 September 2021 Cek Para Semifinalis Mojang Jajaka Kota Bogor Disini! Menu Baru Djoeragan Resto, Spicy Chicken Mozzarella with Salad Ponpes di Rumpin Ludes Terbakar, Hubungan Arus Pendek Diduga Jadi Penyebabnya

Nasional · 5 Jan 2021 10:08 WIB

Rizal Ramli Minta BPK RI Audit Semua Proyek Infrastruktur


 Rizal Ramli Perbesar

Rizal Ramli

BOGOR DAILY- Pemerintah tetap melanjutkan pembangunan berbagai infrastruktur pada 2021. Kebijakan ini lantas menuai pro kontra, terlebih di tengah pandemi Covid-19 yang masih melanda.

Ekonom senior, Rizal Ramli merupakan salah satu orang yang menolak kebijakan itu. Menurutnya, ada kedok korupsi di tengah kegigihan pemerintah melanjutkan pembangunan infrastruktur.

“Kenapa pejabat & birokrat terus mengebu-gebu untuk bangun infrastruktur, walaupun masih pandemi covid dan belum prioritas? Karena kickback (sogokannya) mulai dari 2% sampai 20%!,” tulis Rizal di akun Twitternya, Senin (4/1/2020).

Mantan Menko Perekonomian itu pun meminta Badan Pemeriksa Keuangan (BPK) untuk turun tangan melakukan audit atas semua proyek infastruktur yang ada. “Kami minta @bpkri segera audit semua proyek infrastruktur 2019-2020. Rakyat susah, kok masih tega nyolong?,” ungkap Rizal Ramli.

Dia juga menyoroti slogan Presiden Joko Widodo ‘Kerja, kerja, Kerja’. Menurutnya slogan itu tak akan berguna tanpa fokus dan strategi yang jelas.

“Kerja, Kerja, Kerja. Belanda juga pakai slogan itu, spy rakyat rajin bekerja, tapi nilai tambahnya disedot ke negeri Belanda. Kerja3x, Tanpa strategi& fokus, hasilnya ambyar & rakyat makin miskin. Pandemi, masih fokus infrastruktur, yg 3O (overprice, over-borrowing& oversupply),” sebutnya.

Sebelumnya, Presiden Joko Widodo memastikan bahwa pemerintah akan terus melanjutkan pembangunan berbagai infrastruktur pada 2021.

“Tahun 2021 juga tetap kita isi dengan pembangunan infrastruktur dan sumber daya manusia seperti yang telah dicanangkan,” tulis Jokowi melalui akun resmi Twitter miliknya, @ jokowi, Jumat (1/12/2020).

Pembangunan infrastruktur yang dimaksud mulai dari bendungan, jaringan irigasi, jalan, jalur kereta api, bandara, hingga rumah-rumah susun di seluruh Indonesia. “Anggaran besar kita kucurkan,”

Tak hanya itu, tahun ini, pemerintah juga akan fokus pada program vaksinasi massal Covid-19. Jokowi menyebutkan, pihaknya telah mengamankan pasokan vaksin, seperti vaksin Sinovac, Novavax, AstraZeneca, dan BioNTech-Pfizer.

Jokowi pun mengajak seluruh pihak untuk bersama-sama menyambut Tahun Baru dengan penuh semangat dan harapan. “Kita memasuki tahun 2021 dengan langkah yang lebih tegap. Pelajaran yang mahal, pengorbanan tiada tepermanai selama masa pandemi, membuat kita lebih siap,” tutupnya. (fajar.co.id)

Artikel ini telah dibaca 0 kali

Baca Lainnya

MenKopUKM Minta UMKM Masuk ke Dalam Produk Berbasis Inovasi dan Kreativitas

19 September 2021 - 11:54 WIB

Berbasis teknologi

DPR Soroti Tata Kelola Investasi BPJS Ketenagakerjaan

19 September 2021 - 11:00 WIB

Investasi

Presiden Sampaikan Kontribusi Indonesia Hadapi Situasi Darurat Sektor Energi dan Iklim

19 September 2021 - 10:00 WIB

Sektor

Dituduh Plagiat Film Jepang, Sutradara ‘Squid Game’ Membantah

19 September 2021 - 08:30 WIB

Squid

Geger! Muhammad Kece Dianiaya Irjen Napoleon di Rutan Bareskrim

18 September 2021 - 11:53 WIB

Laka Tunggal, Mobil Sedan Terbalik Depan Polda Metro

17 September 2021 - 22:41 WIB

Mobil
Trending di Nasional