Friday, 26 April 2024
HomeBeritaCek, Pendaftaran KIP Kuliah Sudah Dibuka, Ini Kuotanya

Cek, Pendaftaran KIP Kuliah Sudah Dibuka, Ini Kuotanya

Bogordaily.net – Pemerintah memberikan kabar baik untuk calon baru dengan resmi membuka pendaftaran Kartu Indonesia Pintar Kuliah (KIP) Kuliah tahun 2021.

Bantuan ini merupakan bagian dari Program pemerintah dalam bidang pendidikan untuk membantu siswa dapat menempuh Perguruan Tinggi Negeri (PTN) maupun Perguruan Tinggi Swasta (PTS).

Melansir dari laman , Pelaksana Tugas (Plt) Sekretaris Jenderal Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Sekjen Kemdikbud), Ainun Na'im, menyampaikan ada 200.000 KIP yang disediakan untuk baru penerima.

Ainun berharap agar tidak putus asa dan memiliki cita-cita yang tinggi untuk mengenyam pendidikan di perguruan tinggi.

“Raih prestasi mu dan songsong masa depan yang gemilang bersama serta wujudkan SDM Indonesia yang unggul, kompetitif dan berkarakter,” ucap Plt Sekjen Kemdikbud di laman .

Keunggulan bagi penerima yaitu pembebasan biaya pendaftaran seleksi masuk Perguruan Tinggi.

Selain itu, penerima juga dibebaskan dari biaya kuliah karna akan langsung dibayarkan ke Universitas sebesar 2,4 Juta persemester.

Penerima pun memperoleh bantuan biaya hidup sebesar Rp. 700rb/bulan yang dibayarkan setiap semester sesuai masa studi normal.

Untuk Profesi Dokter, Dokter Gigi dan Dokter Hewan akan menerima bantuan biaya hidup maksimal 4 semester (total selama studi maksimal Rp. 16.8 jt). Sedangkan untuk Profesi Ners, Apoteker dan Guru akan menerima bantuan biaya hidup maksimal 2 semester (total selama studi maksimal Rp. 8.4 jt).

Jadwal pendaftaran akun siswa KIP Kuliah: 8 Februari – 31 Oktober 2021.SNMPTN: 14 – 23 Februari 2021.SNMPN: 12 Februari – 18 Maret 2021.Pendaftaran dapat diakses melalui web https://kip-kuliah.kemdikbud.go.id/ ***

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here