Friday, 19 April 2024
HomeBeritaDuh, Debit Air Pulogadung Meningkat, 21 wilayah di Jakarta Siap-siap Banjir

Duh, Debit Air Pulogadung Meningkat, 21 wilayah di Jakarta Siap-siap Banjir

Bogordaily.net Debit Air Meningkat Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Provinsi DKI , menghimbau masyarakat yang berada di Timur, Pusat dan Utara mewaspadai 21 titik pada Jumat, 19 Februari 2021.

“Antisipasi lebih kurang empat jam ke depan, air akan sampai di Pintu Air ,” demikian keterangan resmi BPBD melalui akun Twitter @BPBDJakarta.

Peringatan dini tersebut disampaikan BPBD DKI menyusul kondisi permukaan air di Pos Pantau Sunter Hulu berstatus siaga 2 dengan Tinggi Muka Air (TMA) mencapai 230 sentimeter cm, pukul 06.00 WIB.

Ada 14 wilayah pemukiman penduduk yang di lewati kali Ciliwung dan berpotensi .

Peetama di Jakarta Timur, di antaranya Bambu Apus, Cilangkap, Pondok Ranggon, Setu, Lubang Buaya, Pondok Bambu, Pondok Kelapa, Cipinang, Cipinang Melayu, Cipinang Muara, Duren Sawit, Jatinegara Kaum, Kayu Putih dan .

Selanjutnya di wilayah Jakarta Pusat yanga di lewat kali Ciliwung hanya Sumur Batu, sementara itu di wilayah Jakarta Utara diantaranya Kelapa Gading Barat, Kelapa Gading Timur, Kebon Bawang, Rawa Badak Selatan, Rawa Badak Utara dan Sungai Bambu.

Peningkatan debit air di lokasi itu meningkat rata-rata 30-50 cm setiap jam sejak terjadi hujan lebat pada Jumat dini hari.

Berdasarkan informasi yang diperoleh dari Tim Reaksi Analisis dan Kebencanaan (TREAK), PSTA-LAPAN, akan terjadi hujan ekstrem di kawasan Jakarta pada tanggal 19-20 Februari 2021, sejak pukul 23.00 WIB dengan intensitas yang meluas dan memanjang meliputi Bekasi, Depok, Tangerang sampai Karawang.

Hujan ekstrem akan diprediksi mencapai intensitas maksimum pada pukul 05.00 WIB.

Setelan itu intensitas akan berkurang terhadap waktu, namun hujan dalam skala meso atau luas akan persisten terjadi sepanjang hari sampai pukul 17.00 WIB, di kawasan Jakarta dan sekitarny.***

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here