Friday, 19 April 2024
HomeBeritaJadi Ketua Apeksi, Bima Arya: Lanjutkan Capaian, Perkuat Sinergi

Jadi Ketua Apeksi, Bima Arya: Lanjutkan Capaian, Perkuat Sinergi

Bogordaily.net Menggantikan Wali Kota Tangerang Selatan Airin Rachmi Diany, Wali Kota terpilih menjadi Ketua Dewan Pengurus Asosiasi Pemerintah Kota Seluruh Indonesia (APEKSI) pada Kamis, 11 Februari 2021.

Pemilihan tersebut dilakukan di Plataran Senayan, Jakarta berdasarkan aklamasi dalam Musyawarah Nasional VI Apeksi.

Terpilihnya sebagai ketua pengurus APEKSI periode 2021 – 2024, langsung dikukuhkan secara resmi oleh Menteri Dalam Negeri Tito Karnavian secara daring.

Bima menegaskan bahwa, ia akan melanjutkan capaian dari ketua sebelumnya Airin Rachmi, yang telah menjadi fasilitator baik.

“Insyaallah kita akan lanjutkan dan memperkuat sinergi antara pemerintah pusat, dengan pemerintah daerah untuk pengendalian COVID-19, economic recovery, kerja sama antar daerah dan lain sebagainya. Karena memang semangat dari Apeksi ini adalah semangat kebersamaan,” ucap Bima dalam keterangan tertulis, Kamis 11 Februari 2021

“Yang sangat hebat dari ibu Airin adalah, beliau menjadi fasilitator yang baik antara aspirasi kami di daerah, dengan kebijakan – kebijakan pemerintah pusat,”tambahnya.

Ia mengatakan, sebagai bagian dari pemerintah pusat, tentunya memiliki kewajiban untuk menyampaikan semua kebijakan pusat secara jelas kepada publik agar bisa berjalan dengan baik.

“Satu hal yang menjadi mimpi kita semua, ketika semua kebijakan dari pemerintah pusat bisa dipahami dan diartikulasikan dengan baik oleh semua pemimpin daerah,”lanjutnya.

Selain itu, juga meminta kesediaan Airin sebagai Ketua Dewan Pengawas Apeksi dan didampingi oleh Wali Kota Jambi Syarif Fasha serta Wali Kota Parepare Taufan Pawe.

Lalu, Menteri Dalam Negeri Republik Indonesia Tito Karnavian mengungkapkan sosok yang terpilih menjadi ketua pengurus Apeksi.

“Saya melihat bahwa sosok Pak merupakan sosok yang tepat untuk menjadi . Secara intelektual luar biasa, kualitas akademik tidak diragukan, memiliki kemampuan emotional quotient, kemampuan berinteraksi, berkomunikasi dengan berbagai kalangan dan juga memiliki spiritual quotient yang baik,”kata Tito.

Ia berharap, terpilihnya Bima bisa membuat Apeksi lebih maju dimasa depan

“Tambah lagi dengan kreativitas inovasi yang banyak dibangun dalam berbagai kompetisi, dalam penilaian tingkat pusat. Mudah-mudahan ini menjadi modal besar bagi Apeksi untuk lebih maju di masa mendatang,” harapnya.

Berikut adalah daftar jajaran dewan pengurus Apeksi :

1. Wali Kota Gorontalo Marten Taha sebagai Wakil Ketua Bidang Pemerintahan dan Otonomi

2. Wali Kota Semarang Hendrar Prihadi sebagai Wakil Ketua Bidang Pembangunan dan Kerjasama

3. Wali Kota Banjarmasin Ibnu Sina sebagai Wakil Ketua Bidang Kesejahteraan Sosial dan Perkotaan

4. Wali Kota Kediri Abdullah Abu Bakar sebagai Wakil Ketua Bidang Ekonomi dan Keuangan

5. Wali Kota Prabumulih Ridho yahya sebagai Wakil Ketua Bidang Informasi, Advokasi dan Hukum

6. Wali Kota Batu Dewanti Rumpoko sebagai Bendahara.***

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here