Friday, 26 April 2024
HomeBeritaSenin Pengguna KRL Jabodetabek Tinggi, KAI Imbau Masyarakat Pulang-Pergi Minggu

Senin Pengguna KRL Jabodetabek Tinggi, KAI Imbau Masyarakat Pulang-Pergi Minggu

Bogordaily.net Jumlah pengguna Kereta Rel Listrik (KRL) selalu tinggi setiap Senin menyebabkan PT. Commuter mengimbau masyarakat beraktivitas pulang-pergi pada Minggu, agar menghindari berdesakan di masa Pandemi Covid-19.

Hal itu disampaikan VP Corporate Secretary Commuter, Anne Purba, dalam rilisnya, Minggu, 14 Februari 2021.

“Pada Senin tanggal 8 Februari lalu, tercatat jumlah pengguna mencapai 389.275 pengguna, dan diperkirakan besok jumlahnya juga akan mendekati angka tersebut,” kata dia.

Ia menjelaskan Commuter juga melakukan sejumlah penyesuaian jadwal operasional, hasil penerapan Grafik Perjalanan Kereta Api (GAPEKA) 2021 yang berlaku sejak 10 Februari 2021.

“Hasil evaluasi ini, kami akan menyesuaikan operasional perjalanan KRL Commuter Line menjadi 986 perjalanan KRL dengan 93 loop yang beroperasi dan jam operasional 04:00 – 22:00 WIB,”lanjutnya.

Sebelumnya, pada awal pemberlakukan GAPEKA tanggal 10 Februari 2021, Commuter mengoperasikan 984 perjalanan KRL di waktu yang sama.

Untuk pola operasi perjalanan KRL lintas Bekasi – Manggarai/Jakarta Kota, Commuter akan mengatur sejumlah pola operasional perjalanan KRL seperti, Pukul 07.20 tersedia pemberangkatan dari Stasiun Bekasi tujuan Stasiun Manggarai.

Lalu, memperpanjang relasi perjalanan KRL No.1361 yang sebelumnya hanya sampai Stasiun Manggarai (relasi Bekasi-Manggarai), diperpanjang relasi tujuannya hungga Stasiun Jakarta Kota (relasi Manggarai-Jakarta Kota) dengan jadwal keberangkatan tetap sama pada pukul 08:08 WIB.

Sementara, pada lintas Bogor-Depok sampai Manggarai-Jakarta Kota, Commuter akan melakukan perubahan pola operasi perjalanan KRL, dengan memperpanjang relasi sejumlah perjalanan KRL dari Stasiun Bogor.

Perjalanan KRL KA 1097 dengan jadwal pemberangkatan dari Stasiun Bogor 07:55 WIB, yang sebelumnya hanya sampai Stasiun Depok, mulai Senin akan berubah relasi perjalanannya menjadi tujuan akhir Stasiun Jakarta Kota, relasi Bogor-Jakarta Kota.

Perjalanan KRL KA 1103 jadwal keberangkatan Stasiun Bogor 08:25 WIB dengan tujuan Depok, relasi Bogor-Depok, mulai Senin esok berubah untuk mengakomodir kebutuhan penggunanya menjadi tujuan akhir perjalanan ke Stasiun Manggarai (relasi Bogor-Manggarai).

Untuk menjaga jumlah pengguna KRL di Seluruh Stasiun, Commuter juga akan melakukan pengaturan kuota dinamis untuk penguna KRL pada pemberangkatan KRL di seluruh lintas.

Terutama pada Lintas Bogor, Depok, Bekasi, Cikarang dan beberapa stasiun yang pada pagi hari menjadi titik pemberangkatan pengguna, agar tetap terjaga physical distancing dengan jumlah 74 orang di dalam tiap kereta.

“Untuk menghindari kepadatan pada Senin pagi, para pengguna yang memiliki lokasi aktifitas berbeda saat hari kerja disarankan, untuk memanfaatkan hari ini untuk kembali,” jelasnya.

Ia mengatakan, mobilitas pengguna KRL di hari-hari kerja masih berfokus pada jam sibuk pukul 07.00-08.00 WIB di pagi hari dan pukul 17.00-18.00 WIB pada jam sibuk sore hari.

Selain itu, GAPEKA baru ini juga telah mengakomodir penambahan frekuensi kereta pada jam-jam sibuk tersebut.

“Dengan perubahan dan penambahan perjalanan ini, kami berharap dukungan dari para pengguna selama masa penyesuaian untuk memperhatikan jadwal terbaru, dan beradaptasi dengan jadwal yang ada,”harapnyam

Commuter juga masih melakukan evaluasi dalam pelaksanaan GAPEKA 2021 ini, dan mendengar masukan dari para pengguna.

Jadwal terbaru KRL Commuter Line telah dapat diakses melalui website www.krl.co.id.

Jadwal perjalanan, posisi real time, dan informasi kepadatan stasiun juga dapat dilihat pada aplikasi KRL Access di platform Android maupun iOS.***

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here