Saturday, 18 May 2024
HomeBeritaBangun Saung Baraya, Lurah Sindangsari Bogor Tampung Kegiatan Masyarakat

Bangun Saung Baraya, Lurah Sindangsari Bogor Tampung Kegiatan Masyarakat

Bogordaily.net – Kelurahan membangun “” untuk kegiatan warganya, disamping Kelurahan , Jalan Raya Wangun, Tajur, Sindansari, Kecamatan Bogor Timur, Kota Bogor.

Lurah Sindang Sari, Asep Faizal Rahman menjelaskan bahwa pembangunan “” ini memang untuk fasilitas untuk rekan – rekan wilayah, khususnya warga Kelurahan untuk berkumpul, tempat berbagi keluh kesah, dan lain – lain.

“Dan tadinya saung ini juga tadinya kita akan tunjukan untuk pemberdayaan UMKM di wilayah” kata Lurah Sindang Sari, Asep Faizal Rahman, saat ditemui di , Senin 29 Maret 2021.

Asep Faizal menjelaskan, awalnya di akan di bangun 7 stand untuk UMKM, karena ia menilai, potensi UMKM diwilayah ini sangat berpotensi jika aktifitas Sekolahan (yang berada persis didepan ) berjalan normal.

“Awalnya kita mendengar pada 11 Januari lalu akan berjalannya kegiatan sekolah seperti biasa, namun karena tidak berjalannya kegiatan belajar mengajar secara tatap muka” katanya.

Karena kondisi belum memungkinkan, Lanjut Asep, jadi ini hanya digunakan untuk acara acara yang sifatnya Ceremonyal Penerimaan Tamu, dan menjadi Posko Covid-19 PPKM Tingkat Kelurahan.

“Kita coba ciptakan sarana untuk berkumpul, Silaturahmi, dan Pemberdayaan UMKM” paparnya.

Baraya (Bahasa Sunda) yang memiliki arti Persaudaraan, Asep menilai, ia mengaku menciptakan atmosfir persaudaraan didalam wilayah yang kuat. Karena menurutnya, didalam wilayah yang kuat terdapat persaudaraan yang kuat.

“Karena kekuatan kita dari gotong royong” tegasnya

Saung baraya juga memiliki slogan “Motekar Akal Jeung Lengkah Nu Basajan” yang berarti melakukan langkah nyata untuk kemanfaatan masyarakat, karena ia menilai, tujuannya hanyalah untuk kemanfaatan masyarakat.

“Kita menciptakannya bukan umpamanya seperti kita memberi ‘Ikan' namun kita memberikan kailnya kepada mereka,” jelasnya.

Sejauh ini, Asep mengaku apresiasi masyarakat terhadap pembangunan “Saung Baraya” ini sangat antusias, karena masyarakat juga bisa mempergunakan tempat ini untuk kegiatan atau aktifitasnya.

“Kemarin juga ada yang mau nikah secara sederhana disini, kita persilahkan, kita ga ambil biaya. Namun diluar itu, seperti konsumsi dan kebersihan saja yang di tanggung mereka” ungkapnya.Adv

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here