Saturday, 20 April 2024
HomeBeritaDitembak Polisi, PBB Cacat 18 Orang Tewas Dalam Aksi Demontrasi Kudeta Myammar

Ditembak Polisi, PBB Cacat 18 Orang Tewas Dalam Aksi Demontrasi Kudeta Myammar

Bogordaily.net – Kantor Hak Asasi Manusia Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB) mendata sedikitnya ada 18 orang tewas korban tembak pada aksi demonstrasi menentang kudeta.

PBB menyebut keluar lebih awal saat aksi demonstrasi dan melepaskan tembakan di berbagai bagian kota terbesar Yangon.

Hal itu karena granat kejut, gas air mata dan tembakan di udara gagal memecah kerumunan.

Dalam aksi ini, PBB mengatakan tentara juga memperkuat .

Beberapa orang yang terluka diangkut oleh sesama pengunjuk rasa, meninggalkan noda darah di trotoar.

Seorang pria meninggal setelah dibawa ke rumah sakit dengan peluru di dadanya, kata seorang dokter yang meminta untuk tidak disebutkan namanya.

dan pasukan militer telah menghadapi demonstrasi damai, menggunakan kekuatan yang mematikan dan kekuatan yang tidak terlalu mematikan yang – menurut informasi yang dapat dipercaya yang diterima oleh Kantor Hak Asasi Manusia PBB – telah menyebabkan sedikitnya 18 orang tewas dan lebih dari 30 luka-luka,” kata salah seorang anggota PBB di kantor Hak Asasi Manusia lembaga tersebut, dikutip Bogordaily.net dari Reuters.

Myanmar berada dalam kekacauan sejak tentara merebut kekuasaan dan menahan pemimpin pemerintah terpilih Aung San Suu Kyi dan sebagian besar pimpinan partainya pada 1 Februari 2021.

Tentara menuduh adanya kecurangan dalam pemilihan November yang dimenangkan partainya secara telak.

Kudeta, yang menghentikan langkah tentatif menuju demokrasi setelah hampir 50 tahun pemerintahan militer, telah menarik ratusan ribu orang ke jalan dan kecaman dari negara-negara Barat.

Setidaknya lima tewas di Yangon adalah insinyur jaringan internet Nyi Nyi Aung Htet Naing, yang sehari sebelumnya telah memposting di Facebook tentang keprihatinannya atas tindakan keras yang semakin meningkat, kata petugas medis.

Guru Tin New Yee meninggal setelah membubarkan protes guru dengan granat setrum, membuat kerumunan melarikan diri, kata putrinya dan seorang rekan guru.

juga melemparkan granat setrum di luar sekolah kedokteran Yangon, mengirimkan dokter dan siswa berjas lab putih berserakan.

Sebuah kelompok yang disebut Aliansi medis Whitecoat mengatakan lebih dari 50 staf medis telah ditangkap.

Tiga orang tewas di Dawei di selatan, politisi Kyaw Min Htike mengatakan kepada Reuters dari kota itu. Dua orang tewas di kota kedua Mandalay, kata media Myanmar Now dan seorang warga. Penduduk Sai Tun mengatakan kepada Reuters seorang wanita ditembak di kepala.

dan juru bicara dewan militer yang berkuasa tidak menanggapi panggilan telepon yang meminta komentar.

membubarkan protes di kota-kota lain, termasuk Lashio di timur laut, Myeik di selatan jauh dan Hpa-An di timur, kata penduduk dan media.

Pemimpin Junta Jenderal Min Aung Hlaing mengatakan pekan lalu pihak berwenang menggunakan kekuatan minimal untuk menangani protes.

Namun demikian, setidaknya 21 pengunjuk rasa kini tewas dalam kekacauan tersebut. Tentara mengatakan seorang telah tewas.

Tindakan keras tersebut tampaknya mengindikasikan tekad militer untuk memaksakan otoritasnya dalam menghadapi pembangkangan, tidak hanya di jalan-jalan tetapi lebih luas lagi di layanan sipil, pemerintahan kota, peradilan, sektor pendidikan dan kesehatan, dan media.

“Kami sangat sedih melihat banyak nyawa yang hilang di Myanmar. Orang seharusnya tidak menghadapi kekerasan karena mengekspresikan perbedaan pendapat terhadap kudeta militer. Menargetkan warga sipil itu menjijikkan, ”kata kedutaan AS.

Kedutaan Besar Kanada mengatakan terkejut. Indonesia, yang telah mengambil kepemimpinan diplomatik di Perhimpunan Bangsa-Bangsa Asia Tenggara (ASEAN) dalam menangani krisis tersebut, menyatakan keprihatinan yang mendalam.

Aktivis di seluruh Asia menggelar aksi unjuk rasa untuk mendukung pengunjuk rasa Myanmar di Myanmar dengan seruan “Aliansi Teh Susu” yang pertama kali menyatukan aktivis pro-demokrasi di Thailand dan Hong Kong.

Televisi MRTV yang dikelola pemerintah mengatakan lebih dari 470 orang telah ditangkap pada hari Sabtu. Tidak jelas berapa banyak yang ditahan pada hari Minggu.

Aktivis pemuda Esther Ze Naw mengatakan orang-orang berjuang melawan ketakutan yang mereka alami di bawah pemerintahan militer.

“Jelas sekali mereka mencoba menanamkan rasa takut pada kami dengan membuat kami lari dan bersembunyi,” katanya. “Kami tidak bisa menerima itu.”

Sehari setelah junta mengumumkan bahwa utusan Myanmar untuk PBB telah dipecat karena menentang aturannya dengan menyerukan tindakan dari Perserikatan Bangsa-Bangsa, kementerian luar negeri mengumumkan bahwa para diplomat di beberapa kedutaan lainnya akan dipanggil kembali.

Tidak ada alasan, tetapi beberapa diplomat termasuk pegawai negeri sipil untuk bergabung dengan Gerakan Pembangkangan Sipil yang melumpuhkan sebagian besar bisnis resmi.

Sementara negara-negara Barat mengutuk kudeta dan beberapa telah memberlakukan sanksi terbatas, para jenderal secara tradisional mengabaikan tekanan diplomatik. Mereka sudah berjanji akan menggelar pemilu baru tapi belum menetapkan tanggal.

Partai Suu Kyi dan pendukungnya mengatakan hasil pemungutan suara November harus dihormati.

Suu Kyi, 75, yang menghabiskan hampir 15 tahun dalam tahanan rumah, menghadapi tuduhan mengimpor enam radio walkie-talkie secara ilegal dan melanggar undang-undang bencana alam dengan melanggar protokol virus corona. Sidang berikutnya dalam kasusnya pada hari Senin.***

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here