Friday, 29 March 2024
HomeKota BogorHealth Talk Efek Gadget Terhadap Kesehatan Mata bersama Rs Azra

Health Talk Efek Gadget Terhadap Kesehatan Mata bersama Rs Azra

Bogordaily.net- Rumah Sakit Azra Bogor kembali menggelar acara webinar Health Talk dengan tema, Efek Gadget Terhadap Mata Selama Sekolah Online pada hari Jumat, 12 Maret 2021.

Pada kali ini, turut mengundang murid Sekolah Dasar (SD) Tunas Bangsa, dan dilaksanakan secara online, melalui zoom meeting.

Ditengah pandemi Covid-19, semua aktivitas banyak dilakukan dari rumah, tak kecuali siswa yang kini ikut dalam pembelajaran jarak jauh (PJJ) dari rumah.

Menurut Dr. Artha Sandy, Sp.Mata selaku narasumber dari menjelaskan bahwa, sinar biru dari gadget berpengaruh kepada mata anak.

“Sistem PJJ memang menjadi solusi terbaik di kala pandemi, tetapi paparan sinar biru (blue light) dari gadget bisa mempengaruhi mata anak. Meningkatnya intensitas anak-anak berhadapan dengan layar, bisa memunculkan Computer Vision Syndrome (CVS).”

Beliau juga menjelaskan bahwa, CVS merupakan kumpulan gejala yang berhubungan dengan gangguan mata akibat penggunaan elektronik berbasis computer seperti laptop, smartphone dan juga tablet.

Efek Gadget
Suasana Webinar RS Azra dengan tema, Efek Gadget Terhadap Mata Selama Sekolah Online bersama SD Tunas Bangsa Bogor, pada hari Jumat 12 Maret 2021. (Istimewa/Bogordaily.net)

Durasi yang terlalu lama dapat mengakibatkan gejala seperti mata kering, pandangan kabur, mata lelah serta gejala lainnya.

Sehingga perlu pemahaman lebih lanjut, terkait penanganan serius untuk menghindari timbulkan gelaja-gejala tersebut.

Webinar berlangsung selama 60 menit, telah diikuti oleh lebih dari 50 peserta dari murid-murid kelas 4 Sd Tunas Bangsa Bogor, dan berjalan dengan lancar.

Pada saat sesi tanya jawab, murid-murid Sd Tunas Bangsa mengajukan beberapa pertanyaan kepada Dr. Artha Sandy.

Seperti, bagaimana meminimalkan gejala efek samping terlalu lama menggunakan gadget, hingga konsumsi makanan apa saja yang bisa mengurangi efek samping tersebut.

merupakan salah satu bentuk kerjasama Rs Azra kepada perusahaan, maupun komunitas untuk terus aktif memberikan edukasi yang ditujukan kepada masyarakat luas. Demi menciptakan masyarakat yang sehat dan berproduktif. Adv

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here