Wednesday, 8 May 2024
HomeKota BogorPemerintah Kabupaten Bogor Gelar Festival Film Pendek

Pemerintah Kabupaten Bogor Gelar Festival Film Pendek

Bogordaily.net – Pemerintah Kabupaten Bogor menggelar , bertemakan Kebudayaan Dalam Bidikan Sineas Bogor pada Rabu 31 Maret 2021.

Tema lomba film pendek ini, para peserta diharuskan mengangkat seputar pariwisata dan kebudayaan di Bumi Tegar Beriman.

telah launching dan dihadiri oleh Bupati Bogor Ade Yasin, Wakil Bupati Bogor Iwan Setiawan, Ketua dan Wakil Ketua DPRD Kabupaten Bogor, bersama Forum Komunikasi Pimpinan Daerah (Forkopimda) Kabupaten Bogor.

Bupati Bogor Ade Yasin, menjelaskan, festival ini digelar dalam memperingati , sekaligus menjadi rangkaian (HJB) ke-539 yang jatuh pada 3 Juni 2021.

“Festival ini diharapkan jadi momentuk kebangkitan perfilman Indonesia di tengah pandemi,” kata Bupati Bogor, Ade Yasin, saat Launching di Gedung Serbaguna I Setda Kabupaten Bogor, Rabu 31 Maret 2021.

Ade juga menjelaskan, tema yang diangkat itu soal Kebudayaan Dalam Bidikan Sineas Bogod dan video kreatif profil desa bertema Desa Membangun Kabupaten Bogor Maju.

“Dalam sektor ekonomi kreatif, industri perfilman merupakan salah satu subsektor yang tidak bisa dipisahkan, dan menjadi bagian penting untuk membantu pemerintah dalam program pemulihan ekonomi daerah,” jelasnya.

Menurutnya, Pemkab Bogor pada pemberlakuan PPKM mikro perpanjangan periode terakhir, telah memberikan relaksasi kepada beberapa sektor ekonomi kreatif, dengan penerapan protokol kesehatan yang ketat, seperti dengan mengizinkan dibukanya bioskop untuk beroperasi, untuk mendukung perfilman nasional.

“Dalam Festival ini, akan dipotret tentang sejarah Bogor, adat istiadat, tradisi dan budaya, kuliner, serta potensi lainnya di Kabupaten Bogor,” ucapnya.

Ade juga menyatakan, ini dibuka untuk seluruh warga negara Indonesia.

Bogor terbuka untuk seluruh Warga Negara Indonesia (WNI), dengan catatan lokasi pengambilan video atau syutingnya harus di wilayah Kabupaten Bogor,” tambahnya.

Kemudian, dengan diselenggarakannya 2021, Ade Yasin berharap akan lahir anak-anak muda kreatif, para sineas muda Bogor yang cinta terhadap sejarah dan kebudayaan Bogor.

“Serta mampu melestarikannya untuk generasi mendatang, dan tentunya visi Berkeadaban Kabupaten Bogor dapat terwujud,” terangnya.

Total hadiah Bogor berjumlah Rp 70 juta, waktu pendaftaran mulai pada 15 April hingga 15 Mei 2021.

Kemudian, untuk penilaian oleh juri dilaksanakan pada 17 April hingga 30 Mei 2021, dan pengumuman pemenang pada tanggal 3 Juni 2021.

Sementara itu, Ketua Umum Persatuan Artis Film Indonesia (Parfi) Alicia Djohar mengajak para anak-anak muda kreatif, para sineas muda Bogor untuk berpartisipasi dalam .

“Yang dilakukan Pemkab Bogor ini adalah contoh bahwa pemerintah daerah mendorong berkembangnya dunia perfilman tanah air, yang pada saat pandemi ini dunia perfilman terpuruk, tetapi dengan festival ini dapat membangkitkan film di daerah khususnya kabupaten Bogor,” ucap Ketua Umum Persatuan Artis Film Indonesia (Parfi) Alicia Djohar.

Ia menambahkan, kebetulan bertepatan juga dengan Hari Film Nasional, semoga dunia perfilman Indonesia segera bangkit di tengah pandemi.

Selanjutnya Alicia menambahkan, untuk memperkenalkan seni dan budaya suatu daerah, maka film adalah salah satu media untuk menyampaikannya, beberapa daerah di beberapa negara menjadi terkenal salah satunya melalui film yang berkualitas. Adv

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here