Tuesday, 14 May 2024
HomeBeritaJangan Salah Kaprah, Ada Ketentuan Pakai Pelindung Wajah Cegah Covid-19, Cek Apa...

Jangan Salah Kaprah, Ada Ketentuan Pakai Pelindung Wajah Cegah Covid-19, Cek Apa Itu?

Bogordaily.net – Beberapa orang beralih ke pelindung wajah plastik atau untuk perlindungan dari Covid-19 karena bisa merasa lebih nyaman.
Namun, para ahli medis mengatakan tidak memberikan perlindungan yang memadai dari Covid-19 saat digunakan sendiri.
Dikutip Bogordaily.net dari Reuters, menurut Kepala Petugas Kualitas dan Kepala Petugas Medis untuk Perawatan Kesehatan Universitas Iowa, dan juga profesor klinis penyakit menular di Fakultas Kedokteran Universitas Iowa Carver Dr. Michael B.Edmond, pelindung wajah plastik dapat mengurangi risiko tertular virus.
“Mekanisme utama penularan Covid-19 tampaknya melalui droplet. Pelindung wajah sangat baik dalam mencegah tetesan agar tidak bersentuhan dengan hidung, mulut, dan mata, yang merupakan tempat masuknya virus untuk menimbulkan infeksi,” ujar Edmond
Sebagai gantinya, kata dia, para ahli merekomendasikan pelindung hanya digunakan sebagai penutup wajah, bukan sebagai pengganti masker.
Untuk mendapatkan manfaat maksimal dari pelindung wajah, Edmond merekomendasikan tiga hal berikut, yakni :
1. Selalu kenakan dengan masker.
Pelindung wajah atau memberikan manfaat maksimal saat memakainya bersama dengan masker.
2. Pastikan pelindung wajah pas.
Kemudian harus mencapai telinga di samping dan tidak boleh ada celah antara dahi dan bagian depan perisai kecuali jika ada penutup di atas celah tersebut.
Jika tidak, tetesan bisa masuk melalui celah dan mendarat di wajah. Perisai harus setinggi dagu atau di bawah bagian depan.
3. Bersihkan dan disinfeksi setelah digunakan.
Sumber tepercaya CDC menyarankan untuk mengacu pada petunjuk pabrikan, jika tersedia.
Jika petunjuk tidak tersedia, mereka menyarankan pembersihan dengan deterjen netral dan air hangat untuk menghilangkan kotoran yang terlihat, diikuti dengan bilas air bersih.
Kemudian merekomendasikan untuk mendisinfeksi pelindung wajah, sebaiknya dengan larutan berbasis klorin.
Alkohol dapat merusak plastik dan lem seiring waktu. Selain itu, ini dapat menghilangkan sifat antiglare atau antifogging.
Bilas kembali dengan air bersih untuk menghilangkan residu. Angin-anginkan atau gunakan handuk kertas bersih untuk menghilangkan kelembapan.***

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here