Thursday, 25 April 2024
HomeKota BogorKenali Layanan dengan Prokes Ketat di Disdukcapil Kota Bogor

Kenali Layanan dengan Prokes Ketat di Disdukcapil Kota Bogor

Bogordaily.net – Ayo kenali - di (Disdukcapil) Kota Bogor.

berlokasi di Jalan Achmad Adnawijaya No 45, RT 01/RW 16, Tegal Gundil, Kecamatan Bogor Utara, Kota Bogor.

Kepala Dinas Sujatmiko Baliarto, A. TD MM, mengatakan, Disdukcapil memiliki beberapa untuk masyarakat Kota Bogor.

“Disdukcapil melayani Perubahan Penduduk, Kartu Keluarga (KK), Kartu Tanda Penduduk Elektronik (KTP-el) dan KTP SIAK, Surat Keterangan Tempat Tinggal (SKTT) dan Surat Keterangan Pindah Datang (SKPD),” kata Sujatmiko Kepada Bogordaily.net pada Jumat, 19 Maret 2021.

Sujatmiko menambahkan, Disdukcapil juga melayani Surat Keterangan Pindah Keluar Negeri (SKPLN), Surat Keterangan Datang Keluar Negeri (SKDLN), Surat Keterangan Penghapusan Data Penduduk Daerah Asal, Pendataan dan Pelayanan Penduduk Administrasi Rentan, Legalisir KK dan KTP, serta Surat Keterangan Kependudukan lainnya.

Ia mengatakan, pelayanan di Disdukcapil sangatlah banyak. Tetapi, semua pelayanan itu tidak dipungut biaya alias gratis.

“Dari banyaknya layanan yang kami miliki, kebanyakan warga datang ke disdukcapil untuk mengurus data yang rumit seperti pindah berkas domilisi, akte kelahiran, dan update data KTP. Semuanya gratis,” jelas Kepala Dinas Sujatmiko Baliarto.

Sujatmiko menyatakan, proses layanan lebih dominan akan selesai pada hari itu juga atau One day Services, kecuali layanan pada akte paket paling lama 3 hari kerja, bahkan bisa lebih cepat. Karena pada layanan Akte paket, warga yang mengurus akte bisa langsung mendapatkan Kartu Identitas Anak (KIA) dan Kartu Keluarga(KK).

“Layanan akte bisa paling lama selesainya 3 hari, maksimal ya itu. Bisa lebih cepat juga, jadi nanti tinggal balik lagi kesini untuk ambil berkas yang udah selesai,” jelasnya.

Selama Pandemi Covid-19, Sujatmiko mengatakan jam operasi di Disdukcapil dari pukul 07:00 hingga 16:00 WIB, dan adanya pembagian layanan yaitu secara online dan offline.

Layanan Disdukcapil
Suasana di loket (Disdukcapil) Kota Bogor. (Ibnu/Bogordaily.net)

“Lagi pandemi, kita tidak ada pembatasan. Ada yang daftar secara online, ada juga yang langsung ke loket untuk daftar. Selama pandemi juga kita tidak lagi memberikan kertas nomer antrian, tetapi memakai cap,” paparnya.

Sujatmiko menyatakan, Disdukcapil juga memperhatikan kenyamanan warga sehingga menyediakan tempat minum gratis bagi warga, yang datang secara offline. Dan juga memperhatikan secara ketat protokol kesehatan sesuai anjuran pemerintah.

“Kami memperhatikan secara ketat untuk prokes, sebelum masuk ada cek suhu, semua harus pakai masker, harus jaga jarak, ada Handsanitizer juga di sudut, dan kami memfasilitasi sebanyak 3 tempat cuci tangan yang bisa digunakan,” ungkapnya.

Kepala Dinas Sujatmiko mengatakan, jangan bingung dan jangan ragu untuk datang ke Disdukcapil.

“Jangan bingung ngurus berkas, langsung datang ke sini nanti akan ada petugas yang siap melayani warga Kota Bogor, ingat sesuai prokes ya, harus pake masker,” tegasnya. Cc

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here