Friday, 19 April 2024
HomeBeritaKota dan Kabupaten Bogor Kompak Dukung Larangan Mudik Lebaran

Kota dan Kabupaten Bogor Kompak Dukung Larangan Mudik Lebaran

Bogordaily.net – Pemerintah Kota (Pemkot) mendukung terkait kebijakan larangan 2021. Hal tersebut diungkapkan langsung Wakil Wali Kota .

Menurutnya, larang diberlakukan oleh pemerintah, guna menekan potensi penyebaran covid-19 pasca IdulFitri nanti. Kendati demikian, pihaknya masih menunggu teknis pelarangan mudik dari pemerintah pusat.

Dedie menilai, kebijakan larangan mudik tentunya sudah melalui kajian dan saat ini pemerintah di tingkat daerah juga tengah melakukan vaksinasi. Menurutnya, vaksinasi akan sia-sia ketika hilir-mudik orang Lebaran nanti tidak terkontrol.

“Nah ini yang kita hindarkan jadi bukan tanpa alasan dan langkah yang dilakukan pemerintah pusat ini harus kita dukung. Salah satu potensi penyebaran covid-19 kan melalui mobilitas,” katanya, Rabu (31/3).

Dedie pun menyebut sampai saat ini, pemkot masih menunggu aturan detailnya seperti apa. Karena sampai sekarang juga belum bisa memberi gambarannya seperti apa kebijakan ini nantinya.

Dia mengatakan saat ini pihaknya masih menunggu regulasi resmi yang akan dikeluarkan Kementerian Perhubungan terkait larangan ini. Sebab regulasi tersebut yang nantinya akan ditindaklanjuti oleh pihak wilayah di Jabodetabek.

Kendati begitu, Dedie memastikan kesiapan Pemkot jika larangan itu diterapkan pada periode lebaran tahun ini. Dia menyatakan seluruh forkomfinda telah mempunyai pengalaman dalam melaksanakan pembatasan orang mudik yang dilaksanakan tahun sebelumnya.

“Kita (Jabodetabek) harus kompak. Karena ini tidak bisa dilakukan daerah sendiri-sendiri. Khususnya, pergerakan orang di Jabodetabek dan luar nantinya. Minimal kita semua harus seragam, jadi penanganan ini bisa lebih maksimal,” tukasnya.

Hal senada juga dikatakan Wakil Bupati Iwan Setiawan. Secara umum jika larangan mudik dilakukan demi menekan potensi penyebaran covid-19, hal tersebut tentunya mesti didukung oleh pemerintah daerah.

Bahkan dalam waktu dekat ini, Pemkab bakal melakukan kajian soal kebijakan larangan tahun ini. “Kalau tujuannya bagus tentu akan kami dukung. Tapi sampai saat ini kami masih menunggu arahan lanjutan dari pusat, sambil mempersiapkan ini dan itunya,” tutupnya

Sumber : ayobogor.com

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here