Saturday, 4 May 2024
HomeBeritaMantan Mendagri Pada Era Reformasi Syarwan Hamid Meninggal Dunia

Mantan Mendagri Pada Era Reformasi Syarwan Hamid Meninggal Dunia

Bogordaily.net – Mantan Menteri Dalam Negeri, Letjen TNI (Purn) dikabarkan meninggal dunia pada Kamis 25 Maret 2021 pukul 03.20 WIB di Rumah Sakit Yudhistira Cimahi.

Kabar duka ini disampaikan oleh Wali Kota Pekanbaru Firdaus melalui akun Facebook resmi Pemerintah Kota Pekanbaru.

“Assalamualaikum wr wb, Pemerintah dan masyarakat Kota Pekanbaru menyatakan duka cita yang sangat dalam atas berpulangnya ke Rahmatullah Tokoh masyarakat Riau, Letjend TNI Punr H. ,” tulis Walikota Pekanbaru, Firdaus pada Kamis, 25 Maret 2021.

lahir di Dusun Pusaka, Siak pada 10 November 1943, ia merupakan Menteri Dalam Negeri pada Kabinet Pembangunan tahun 1998-1999.

Pada tahun 1990 dirinya bertugas menjadi Danrem 011/Lilawangsa Aceh dan selama menjabat di Danrem Lilawangsa, Lhokseumawe, Aceh Hamid berhasil mengatasi pemberontakan Gerakan Aceh Merdeka (GAM) terhadap Indonesia.

Atas jasanya mengatasi pemberontakan GAM di tahun 1992 ia diangkat menjabat sebagai Kadispen TNI Angkatan Darat dengan pangkat brigadir jenderal (bintang satu). Ia menjadi tokoh militer di era akhir Orde Baru.

Tidak lama setelah menjadi Kapuspen TNI tahun 1993, ia menjabat sebagai Assospol Kassospol ABRI tahun 1995, dan menjabat Kassospol ABRI dengan pangkat letnan jenderal pada tahun 1996.

Mantan jenderal bintang tiga tersebut juga pernah menjabat sebagai Wakil Ketua MPR Pemilu 1997.

Hingga akhir hayatnya, Letjend TNI Punr H. aktif untuk memberikan masukan serta kritikan kepada pemerintah demi memajukan Indonesia.***

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here