Tuesday, 14 May 2024
HomeBeritaMenteri Turki Membahas Muslim Uighur Saat Bertemu Menteri China

Menteri Turki Membahas Muslim Uighur Saat Bertemu Menteri China

Bogordaily.net – Menteri Luar Negeri Mevlut Cavusoglu membahas masalah selama pembicaraan dengan dengan menteri luar negeri China di Ankara, pada hari Kamis 25 Maret 2021.

Saat pertemuan tersebut ada ratusan orang Uighur memprotes perlakuan terhadap kerabat etnis mereka di China.

Ketika pertemuan antara Menteri Luar Negeri China Wang Yi bertemu Cavusoglu bertemu dengan Presiden , Tayyip Erdogan berlangsung, ada sekitar 1.000 pengunjuk rasa yang berkumpul di Istanbul.

Para pengunjuk rasa “Diktator China” dan “Hentikan Genosida Uighur, Tutup Kamp”, beberapa demonstran mengibarkan bendera biru-putih gerakan kemerdekaan Turkestan Timur, nama yang digunakan gerakan tersebut untuk Xinjiang.

Dilansir dari Reuters salah satu pengunjuk rasa mengtakan melakukan protes untuk menanyakan beberapa pertanyaan terkait keluarga mereka.

“Kami di sini untuk menanyakan tentang keluarga kami. Mengapa kita tidak bisa berhubungan dengan keluarga kita? Apakah mereka hidup atau mati? Dimana mereka? Apakah mereka ada di kamp atau di luar? ” ucap Imam Hasan Ozturk, seorang pengunjuk rasa Uighur.

Ada sekitar 40.000 orang Uighur yang tinggal di , beberapa ornag tersebut adalah aktifis yang aktif meningkatkan upaya untuk menyoroti penderitaan mereka dengan mengadakan protes rutin di Ankara dan Istanbul.

Selain itu protes ini dilakukan setelah China menyetujui perjanjian ekstradisi dengan pada bulan Desember dan dengan kesepakatan menunggu ratifikasi oleh parlemen Ankara.

Dengan adanya ekstradisi tersebut orang Uighur di takut mereka akan dikembalikan ke China.

Menteri Luar Negeri Mevlut Cavusoglu yang membantah bahwa perjanjian ekstradisi akan menyebabkan Uighur dikirim kembali ke China.

Cavosoglu pun mengatakan bahwa Ankara dan Beijing melakukan eksradisi untuk meningkatkan kerja sama melawan pandemi COVID-19 dan vaksin. ***

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here