Monday, 29 April 2024
HomeBeritaProduksi Sampah Sudah 2.800 Ton Perhari, DLH Bangun TPST di Sukamakmur Bogor

Produksi Sampah Sudah 2.800 Ton Perhari, DLH Bangun TPST di Sukamakmur Bogor

Bogordaily.net – Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kabupaten akan membuat Tempat Pengelolah Sampah Terpadu (TPST) Kecamatan Sukamakmur tepatnya di Desa Sukaharja untuk menanggulangi sampah yang ada di wilayah Timur.

Saat ini produksi sampah di wilayah Kabupaten mencapai 2.800 ton perhari.

Kabid Pengelolaan Sampah DLH Kabupaten , Fadli mengatakan, selain mengandalkan TPST Nambo yang masih belum selesai pekerjaannya, DLH berinisiatif untuk membuat TPST di 6 Zona di Kabupaten .

“Jadi kita berharap dengan adanya Nambo sudah bisa teratasi masalah sampah di Kabupaten , namun di Kabupaten juga tidak hanya berpikir Nambo saja. Kita tahun ini sudah mencoba membuat TPST zonasi di Sukamakmur, Nambo Kecil,” ujar Kabid Pengelolaan Sampah DLH Kabupaten , Fadli, Jumat 26 Maret 2021.

Pembuatan TPST Zonasi Sukamakmur ini, untuk menanggulangi masalah sampah di Kabupaten .

Karena menurut Fadli, TPST Nambo tidak hanya diperuntukkan bagi masyarakat Kabupaten , tapi juga untuk sampah-sampah Kabupaten dan Kota yang ada di sekitar Kabupaten .

“Karena kan Nambo tidak hanya Kabupaten Bogor saja yang bisa masuk, tapi juga kota Bogor, Bekasi, Tangsel dan lainnya,” katanya.

Fadli menjelaskan, masalah sampah ini tidak akan selesai jika hanya mengandalkan TPS Nambo yang hanya bisa menampung 700 Ton saja sampah Kabupaten Bogor.

“Perlunya ada zonasi itu untuk menanggulangi (Sampah) wilayah Jonggol dan sekitarnya, kalau semua di Nambo tidak dimungkinkan karena volume yang boleh masuk sampah di Kabupaten Bogor masih belum cukup dengan apa yang kita harapkan,” jelasnya.

Sementara itu, Fadli menyebutkan Detail Engineering Design (DED) untuk pembuatan TPST di Sukamakmur itu merogoh kocek kurang dari Rp 200 juta.***

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here