Friday, 3 May 2024
HomeNasionalSepak Terjang Pelaku Bom di Gereja Katedral Makassar

Sepak Terjang Pelaku Bom di Gereja Katedral Makassar

Bogordaily.net- Polri berhasil mengidentifikasi pelaku bom bunuh diri di depan Gereja Katedral, Makassar, Sulawesi Selatan pada Minggu 28 Maret 2021.

Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo mengatakan para pelaku diduga merupakan bagian dari kelompok teroris Jamaah Ansharut Daulah (JAD).

JAD sendiri merupakan kelompok teroris yang berafiliasi langsung (baiat) dengan ISIS.

Mereka turut terlibat dalam sejumlah aksi teror beberapa tahun terakhir, seperti bom di Surabaya pada 2018 dan penusukan Menteri Koordinator Politik Hukum dan Keamanan (Menkopolhukam) kala itu, Wiranto.

Namun demikian, polisi masih melakukan pendalaman terkait dengan kehidupan sehari-hari para pelaku di wilayah Makassar, termasuk pekerjaan yang dilakukan.

Belum diketahui secara pasti juga mengenai hubungan antara pelaku laki-laki dan perempuan yang meledakkan diri di depan gereja tersebut.

Sementara itu, jumlah korban luka akibat bom bunuh diri yang masih dirawat di rumah sakit saat ini berjumlah 15 orang. Sebanyak 13 di antaranya dirawat di RS Bhayangkari Makassar dan dua lainnya di RS Siloam.

Pelaku bom bunuh diri di depan halaman Gereja Katedral, Makassar merupakan pasangan suami istri yang baru menikah enam bulan.

“Betul pelaku pasangan suami istri baru menikah enam bulan,” kata Kadiv Humas Polri, Inspektur Jenderal Argo Yuwono dikutip dari cnnindonesiacom.

Dalam foto yang beredar dan telah terkonfirmasi, para terduga pelaku melancarkan aksinya menggunakan sepeda motor dengan nomor polisi DD 5984 MD.

Argo mengungkapkan, dalam hal ini polisi masih melakukan penggeledahan di sejumlah tempat lain untuk mencari barang bukti. Termasuk rumah pelaku.

“Kita tunggu hasil kerja anggota di lapangan. Dan kami berharap semua dapat diungkap dengan jelas,” ucap nya. ***

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here