Friday, 29 March 2024
HomeNasionalMensos: Masyarakat Bisa Akses Lewat Aplikasi Cek Bansos

Mensos: Masyarakat Bisa Akses Lewat Aplikasi Cek Bansos

Bogordaily.net – Menteri Sosial (Mensos) RI Tri Risma mengatakan, masyarakat bisa mengakses bansos melalui aplikasi cek bansos https://cekbansos.kemensos.go.id/.

akan memperbaiki integritas Data terpadu Kesejahteraan Sosial (DTKS), guna memastikan seluruh data memiliki identitas tunggal dan Nomer Identitas Kependudukan (NIK).

“Melalui aplikasi ini, publik dapat memantau penerima bansos program keluarga harapan (PKH), bantuan pangan non tunai (BPNT), dan bantuan sosial tunai (BST) dengan menyebutkan nama dan desa kelurahan tempat tinggalnya,” kata Risma dalam keterangan resmi, Kamis 22 April 2021.

Kemudian Risma berharap, dengan aplikasi ini dapat memenuhi hak informasi publik dan meningkatkan transparansi penyaluran bansos.

Nantinya, Kementerian Sosial akan mengevaluasi kemampuan aplikasi itu secara berkala.

“Fitur dan kemampuan aplikasi akan terus ditingkatkan sejalan dengan kebutuhan ke depan, dan masukan serta harapan masyarakat,” terangnya.

Setelah itu, Risma menjelaskan ada kode verifikasi yang harus diisi, untuk mendapatkan petunjuk apakah masyarakat tersebut berhak atau tidak mendapatkan bansos.

“Masyarakat bisa dapat meng klik cari dan hasilnya akan keluar,” jelasnya.

Lanjut, Risma juga memperbaiki integritas Data terpadu Kesejahteraan Sosial (DTKS) secara berkala.

Hal ini untuk memastikan seluruh data memiliki identitas tunggal dan nomor identitas kependudukan (NIK), yang padan dengan data kependudukan yang ada di bawah pengelolaan Kementerian Dalam Negeri, dalam hal ini Direktorat Jenderal Kependudukan dan pencatatan sipil.

“DTKS sepanjang bulan Maret telah dipulihkan integritasnya dan ditetapkan pada 1 April 2021 melalui Kemensos No 12/HUK/2021 sehingga menjadi New DTKS,” ungkapnya.***

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here