Direktur Baru, Bogor Senior Hospital Fokus Pelayanan Lansia

  • Whatsapp
Pelayanan lansia
Direktur Bogor Senior Hospital (BSH) dr. R. Prasasta Sutedjo, MM, saat memantau pelaksanaan vaksinasi Covid-19 untuk lansia pada Kamis, 8 April 2021. (Ibnu/Bogordaily.net)

Bogordaily.net – Resmi dinakhodai Direktur baru, Bogor Senior Hospital (BSH) akan fokus kepada pelayanan lanjut usia (lansia).

Bulan Maret 2021, dr. R. Prasasta Sutedjo, MM, sudah resmi menjadi Direktur Bogor Senior Hospital (BSH) .

Direktur Bogor Senior Hospital dr. R. Prasasta Sutedjo menjelaskan, pada konsepnya Rumah Sakit Bogor Senior Hospital (BSH) akan berfokus pada pelayanan untuk lansia.

“Misi kami sendiri yaitu, menjaga selalu kualitas hidup untuk para lansia, yang akan kita bawa sebagai tujuan utama untuk Rumah Sakit ini,” ucap Prasasta kepada Bogordaily.net pada Kamis, 8 April 2021.

Selanjutnya dr. Prasasta mengatakan memang saat ini Rumah Sakit BSH termasuk tipe Rumah Sakit umum, yang kedepannya lebih fokus untuk pelayanan lansia atau geriatri.

Baca Juga  Bogor Senior Hospital Komitmen Lawan Pandemi

“Sebenarnya konsep ini di Indonesia terbilang cukup baru, karena belum ada Rumah Sakit Khusus Lansia,” jelasnya.

Oleh karena itu, dr. Prasasta mengungkapkan ingin memperkenalkan kepada masyarakat bahwa, selain adanya pelayanan-pelayanan umum di BSH, ada juga pelayanan khusus untuk lansia.

“Karena, dengan kata-kata ‘Bogor Senior’ nya, kan kebanyakan orang tau kata Senior itu berarti usianya diatas 60 tahun, baru dianggap senior pada umumnya,” papar Prasasta.

Namun beberapa saat ini, dr. Prasasta menjelaskan BSH masih menerima beberapa pelayanan, tetapi tetap fokus pelayanan untuk lansia.

“Nanti pelayanan lansia agak berbeda dengan pelayanan umum lainnya, kalau di program Nasional milik pemerintah ada itu, salah satu pelayanan Geriatri,” ungkapnya.

Baca Juga  Bogor Senior Hospital Vaksin 179 Lansia dan Layanan Publik Hari Ini

Prasasta juga menyatakan, memang saat ini belum ada rumah sakit khusus yang di bentuk oleh Kementrian Kesehatan (Kemenkes) untuk rumah sakit khusus lansia.

“Kita sudah mulai mencoba untuk mendirikan rumah sakit yang khusus, salah satunya di BSH kita membuat bangunanya terbuka, berbeda dengan rumah sakit lainnya dengan gedung yang tertutup,” ucapnya.

Diperkiraan total ruang kamar untuk lansia terdapat sebanyak 50 kamar.

“Ya 50 kamar itu hampir lebih mirip kaya tempat peristirahatan atau kamar perawatannya di buat seperti hotel atau rumah. Agar pasien lansia nyaman dan tidak ada rasa takut untuk datang ke rumah sakit ini,” harapnya. Adv

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *