Saturday, 27 April 2024
HomeKota BogorDirektur Baru, Bogor Senior Hospital Fokus Pelayanan Lansia

Direktur Baru, Bogor Senior Hospital Fokus Pelayanan Lansia

Bogordaily.net – Resmi dinakhodai , Bogor Senior Hospital (BSH) akan fokus kepada pelayanan lanjut usia (lansia).

Bulan Maret 2021, dr. R. Prasasta Sutedjo, MM, sudah resmi menjadi Direktur () .

Direktur dr. R. Prasasta Sutedjo menjelaskan, pada konsepnya Rumah Sakit Bogor Senior Hospital (BSH) akan berfokus pada pelayanan untuk lansia.

“Misi kami sendiri yaitu, menjaga selalu kualitas hidup untuk para lansia, yang akan kita bawa sebagai tujuan utama untuk Rumah Sakit ini,” ucap Prasasta kepada Bogordaily.net pada Kamis, 8 April 2021.

Selanjutnya dr. Prasasta mengatakan memang saat ini Rumah Sakit termasuk tipe Rumah Sakit umum, yang kedepannya lebih fokus untuk atau geriatri.

“Sebenarnya konsep ini di Indonesia terbilang cukup baru, karena belum ada Rumah Sakit Khusus Lansia,” jelasnya.

Oleh karena itu, dr. Prasasta mengungkapkan ingin memperkenalkan kepada masyarakat bahwa, selain adanya pelayanan-pelayanan umum di , ada juga pelayanan khusus untuk lansia.

“Karena, dengan kata-kata ‘Bogor Senior' nya, kan kebanyakan orang tau kata Senior itu berarti usianya diatas 60 tahun, baru dianggap senior pada umumnya,” papar Prasasta.

Namun beberapa saat ini, dr. Prasasta menjelaskan masih menerima beberapa pelayanan, tetapi tetap fokus pelayanan untuk lansia.

“Nanti agak berbeda dengan pelayanan umum lainnya, kalau di program Nasional milik pemerintah ada itu, salah satu pelayanan Geriatri,” ungkapnya.

Prasasta juga menyatakan, memang saat ini belum ada rumah sakit khusus yang di bentuk oleh Kementrian Kesehatan (Kemenkes) untuk rumah sakit khusus lansia.

“Kita sudah mulai mencoba untuk mendirikan rumah sakit yang khusus, salah satunya di kita membuat bangunanya terbuka, berbeda dengan rumah sakit lainnya dengan gedung yang tertutup,” ucapnya.

Diperkiraan total ruang kamar untuk lansia terdapat sebanyak 50 kamar.

“Ya 50 kamar itu hampir lebih mirip kaya tempat peristirahatan atau kamar perawatannya di buat seperti hotel atau rumah. Agar pasien lansia nyaman dan tidak ada rasa takut untuk datang ke rumah sakit ini,” harapnya. Adv

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here