Saturday, 4 May 2024
HomeKota BogorDisperdagin Jamin Harga Sembako Jelang Ramadhan Masih Stabil

Disperdagin Jamin Harga Sembako Jelang Ramadhan Masih Stabil

Bogordaily.net – Dinas Perdagangan dan Perindustrian (Disperdagin) Kota Bogor, katakan jelang Ramadhan masih stabil.

Hal itu dikatakan oleh yang terus memperkuat koordinasi dengan Kementerian Perdagangan, Kementerian Pertanian, Bulog dan Dinas terkait, supaya distribusi komoditi lancar dan tidak mengalami lonjakan harga.

Kepala Bidang Sarana dan Komoditi Perdagangan Kota Bogor, Muhamad Sholeh menyampaikan, berdasarkan data perkembangan harga kebutuhan pokok masyarakat menunjukan, harga telur ayam broiler Rp 23 ribu per kilogram.

Kemudian harga daging sapi Rp 120 ribu per kilogram naik Rp 5 ribu dari dua pekan yang lalu, ayam broiler berada di harga Rp 38 ribu per kilogram.

Sementara itu, harga cabai merah keriting Rp 50 ribu per kilogram dan cabai rawit merah diharga Rp 90 ribu per kilogram.

“Harga ini kami pantau di dua pasar besar Kota Bogor, seperti Pasar Bogor dan Pasar Kebon Kembang,” kata Kepala Bidang Sarana dan Komoditi Perdagangan Kota Bogor, Muhamad Sholeh, Rabu 31 Maret 2021.

Selanjutnya Sholeh mengatakan, menjelang Ramadhan ini harga-harga kebutuhan pokok atau sembako di pasar Kota Bogor terhitung masih stabil, belum ada kenaikan yang signifikan.

Biasanya, lanjut Sholeh, ada sedikit kenaikan di beberapa komoditif seperti telur, ayam dan daging sapi yang permintaannya banyak terjadi di H-2 dan H-1 Ramadhan.

“Tapi sejak pandemi Covid-19 daya beli masyarakat masih menurun karena ekonomi lesu, jumlah kunjungan masyarakat ke pasar rakyat saja belum normal. Rata-rata pengunjung atau pembeli turun 30 persen,” jelasnya.

Kemudian Sholeh menyampaikan, terkait harga cabai yang masih belum turun, itu karena cabai diambil dari pemasok di Jawa Timur, sebab di Jawa Timur sedang gagal panen dan menyebabkan hasil panen tidak maksimal atau hanya 40 persen.

“Kota Bogor bukan Kota produsen atau penghasil, jadi kita bergantung dari Kota pemasok dan kenaikan harga cabai karena faktor cuaca jadi masih belum turun, tapi nanti saat panen raya harganya akan langsung turun.” ungkapnya. Adv

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here