Friday, 19 April 2024
HomeKota BogorForum PD Perubahan Renstra Upaya Diskominfo Kabupaten Bogor Tingkatkan Transformasi DigitalĀ 

Forum PD Perubahan Renstra Upaya Diskominfo Kabupaten Bogor Tingkatkan Transformasi DigitalĀ 

Bogordaily.net ā€“ Dinas Komunikasi dan Informatika Kabupaten Bogor, menggelar kegiatan Forum Perangkat Daerah Tahun 2018-2023, di Aula Diskominfo Kabupaten Bogor, Jumat 16 April 2021.

Kegiatan bertujuan meningkatkan transformasi digital di Kabupaten Bogor, serta mendorong terwujudnya tata kelola pemerintahan yang baik, informatif dan terintegrasi. Sebagai upaya pemulihan ekonomi mempercepat pembangunan Kabupaten Bogor.

Kepala , mengatakan, melalui Forum PD Perubahan Renstra Tahun 2018-2023 lingkup , menjadi momentum meningkatkan percepatan tranformasi digital serta mendorong percepatan pemulihan ekonomi Kabupaten Bogor melalui tata kelola pemerintahan yang informatif, terintegrasi dan berbasis digital.

ā€œForum PD ini sangat penting dan harus dilakukan oleh seluruh PD lingkup Kabupaten Bogor. Hari ini selain Diskominfo ada delapan PD yang melakukan kegiatan yang sama,ā€ ujar Kepala , .

ā€œMudah-mudahan tranformasi digital kita bisa meningkat lebih baik, agar kita dapat menyesuaikan dan sejajar dengan daerah lain yang transformasi digitalnya sudah maju dan berkembang,ā€ tambahnya.

Kemudian Irwan menyampaikan, pelaksanaan Forum PD perubahan renstra merupakan salah satu tahapan yang harus ditempuh oleh seluruh PD lingkup Kabupate Bogor termasuk Diskominfo.

Dalam rangka menyusun perubahan renstra PD tahun 2018-2023, yang merupakan implikasi dari adanya perubahan RPJMD Kabupaten Bogor sebagaimana ketentuan pasal 342 ayat 4 dan Permendagri Nomor 96 tahun 2017, tentang tata cara eveluasi rancangan Perda tentang RPJMD, serta tata cara perubahan dam Rencana Kerja Pemda.

ā€œPerubahan RPJMD jadi pedoman kita dalam menyusun RKPD dan perubahan renstra . Forum PD ini kita lakukan untuk menyelaraskan pelaksanaan urusan pemerintah khususnya urusan bidang komunikasi dan informatika, statistik dan persandian,ā€ jelasnya.

Menurut Irwan bahwa, Forum PD bertujuan untuk memperoleh masukan dari berbagai sumber yang bersifat partisipatif, politis dan para pemangku kepentingan untuk merumusman isu strategis, visi misi, tujuan, sasaran, program kegiatan prioritas yang akan dilaksanakan pada tahun 2022-2023.

ā€œSaran masukan penting untuk kami, sehingga dapat menghasilkan program kegiatan tepat sasaran sesuai kebutuhan masyarakat. Sehingga dapat mendorong terwujudnya misi ke 3 yakni terwujudnya tata kelola pemerintahan yang baik, informatif dan terintegrasi,ā€ ungkapnya.

Selanjutnya, ditempat yang sama, Sekretaris , Nia Indrawathi menjelaskan, isu strategis yakni Pengembangan Data Center yang menjadi pusat data Pemerintah Daerah Kabupaten Bogor, pengembangan dan penguatan inftastruktur jaringan.

Pengembangan dan penyediaan layanan informasi website, integrasi aplikasi untuk memudahkan pelayanan publik, pengamanan jaringan komunikasi data, fungsi kehumasan pada Perangkat Daerah, pembentukan Kelompok Informasi Masyarakat.

Kemudian Nia menjelaskan, ketersediaan layanan informasi publik yang berkualitas yang dapat diakses oleh masyarakat dengan mudah dan cepat, pengembangan Sumber Daya Aparatur di Lingkup .

ā€œPeranan urusan persandian dalam pengamanan Sistem Pemerintahan Berbasis Elektronik (SPBE) dan Pembentukan Ekosistem Smartcity, peranan urusan statistik untuk menghasilkan data sektoral yang berkualitas,ā€ jelasnya.

Lanjut Nia, Keterkaitan kebijakan Diskominfo dengan RPJMD yaitu mewujudkan Kabupaten Bogor yang informatif, meningkatnya kualitas sistem pemerintahan berbasis elektronik. Meningkatnya kualitas data dan informasi tatistik sektoral serta meningkatnya penyelenggaraan persandian dan keamanan informasi.***

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here