Tuesday, 7 May 2024
HomeBeritaKemendagri Buka Layanan Membuat e-KTP untuk Transgender

Kemendagri Buka Layanan Membuat e-KTP untuk Transgender

Bogordaily.net – Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) melalui Ditjen Dukcapik, mengordinasikan pelayanan untuk membantu membuatkan KTP elektronik () untuk .

Dirjen Zudan Arif mengatakan, tak hanya KTP tetapi kertu keluarga dan akta kelahiran.

“Termasuk kartu keluarga dan akta kelahiran,” kata Zudan Arif dalam keterangan tertulis.

Langkah ini dilakukan setelah Kemendagri melihat bnyak yang belum mempunyai dokumen kependudukan, dan Zudan pun mengatakan langkah ini sebagai komitmen membantu memudahkan para .

Langkah Kemendagri membantu pembuatan untuk disampaikan lewat rapat virtual, oleh Direktorat Jenderal Pencatatan Sipil (Ditjen Dukcapil) Kemendagri, dengan Perkumpulan Suara Kita pada Sabtu 24 April 2021.

Ketua Dewan Pengurus Perkumpulan Suara Kita, Hartoyo mengatakan, kawan kerap menemukan hambatan ketika mengururs layanan publik.

“Kawan-kawan ini masih kerap menemui hambatan ketika mengurus layanan publik, terutama terkait administrasi kependudukan. Mungkin karena miskin dan minder, malu, atau hambatan lainnya. Akibatnya, mereka kesulitan mengurus pelayanan publik lain, seperti BPJS Kes, atau sulit mendapat akses bansos,” tutur Hartoyo.

Hartoyo telah mengumpulkan data dengan sebanyak 112 yang berada di Jakarta, Bogor, Depok, Tangerang, Bekasi (Jabodetabek) yang sama sekali belum memiliki dokumen kependudukan.

Maka dari itu Kemenagri akan melakukan langkah awal, membantu trangender membuat dokumen kependudukan untuk mereka.

Untuk membuat Zudan mengatakan harus diverifikasi dengan nama asli terlebih dulu, dan pendataannya tidak harus semua ke Jakarta.

“Di daerah masing-masing juga bisa dibantu oleh Dinas Dukcapil setempat. Termasuk untuk dibuatkan KTP-el sesuai dengan alamat asalnya,” terang Zudan. ***

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here