Sebentar Lagi Ramadan! Jaga Tetap Sehat, Ini 4 Olahraga Ringan yang Cocok Dilakukan Saat Puasa

  • Whatsapp
Ilustrasi Yoga Wajah

Bogordaily.net – Sebentar lagi umat muslim akan menjalankan puasa Ramadan, saat puasa tubuh tidak mendapat asupan makanan dan minum, namun ada beberapa olahraga yang cocok saat berpuasa.

Dilansir dari Healthline, Chelsea Amengual, ahli Pemrograman Kebugaran & Nutrisi, saat melakukan puasa glikogen atau karbohidrat yang disimpan dalam tubuh kemungkinan besar akan habis, sehingga dapat membakar lebih banyak lemak daripada biasanya.

Internsitas olahraga pun harus dikurangi, saat berpuasa dianjurkan berolahraga ringan yang tidak membuat dehidrasi serta kelelahan berlebih.

Berikut 4 olahraga yang cocok dilakukan saat berpuasa yakni

1. Yoga

Dilansir dari Live Strong, olahraga yoga adalah olahraga ringan yang tidak terlalu menguras energi. Dengan melakukan yoga saat berpuasa mempu menjaga tubuh menjadi tetap bugar, segar dan lebih rileks.

Karena yoga berfokus pada pernapasan otomatis dapat menambah suplai oksigen keseluruh tubuh dan dapat menyeimbangkan produksi hormon.

Baca Juga  Pemkot Bogor Akan Bahas Soal Aturan PPKM saat Ramadhan

Walau yoga olahraga ringan namun dapat membantu membakar kalori serta memperbaiki postur tubuh. Bisa dipastikan olahraga satu ini tidak membuat diri menjadi mudah lelah karena termasuk olahraga ringan yang tidak mengeluarkan banyak keringan serta tidak membuat dehidrasi.

2. Bersepeda

Salah satu oleharaga yang ringan dan menyenangkan adalah bersepeda, saat berpuasa dianjurkan untuk melakukan olahraga tersebut saat sore hari sambil menunggu waktu berbuka puasa.

Olahraga bersepeda dapat mengencangkan otot kaki dan juga menyehatkan jantung, melakukan olahraga ini saat berpuasa dapat menjaga tubuh agar tidak lemas dan pikiran lebih tenang serta oksigen yang masuk kedalam tubuh akan lebih mudah dikontrol.

3. Jalan Santai

Jangan salah, jalan santai termasuk kedalam olahraga ringan dan membuat berkeringat. Sehingga olahraga ini cocok untuk dipilih saat sedang berpuasa.

Baca Juga  Ikuti Workshop Senam Hamil Gratis dari Rs Azra Bogor

Manfaat dari jalan sehat alah menjaga kesehatan tubuh terutama jantung dan bagian olet serta tulang tanpa harus mengeluarkan tenaga yang besar.

Sama seperti halnya bersepeda, jalan santai dilakukan pada waktu sore menjelan berbuka puasa agar tidak lemas dan dehidrasi.

4. Jogging

Olahraga ini mirip dengan jalan santai, namun ritme nya sedikit lebih cepat, manfaatnya dapat menjaga kesehatan jantung, melatih pernafasan dan memperkuat otot.

Namun perlu diperhatikan bahwa tidak dianjurkan untuk dilakukan terlalu lama karena dapat membuat banyak keringat sehingga menimbulkan dehidrasi.

Perlu diperhatikan bahwa tidak dianjurkan melakukan olahraga yang berlebihan karena dapat menimbulkan risiko dehidrasi dan hipoglikemia (kondisi ketika kadar gula di dalam darah berada di bawah normal.) ***

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *