Thursday, 28 March 2024
HomeKota BogorRektor IPB Mengatakan Sektor Pertanian Tumbuh Positif Ditengah Pandemi

Rektor IPB Mengatakan Sektor Pertanian Tumbuh Positif Ditengah Pandemi

Bogordaily.net – Rektor Institut Pertanian Bogor (IPB) University, mengatakan ditengah pandemi virus Covid-19 justru tumbuh positif.

Dalam ke-57 yang dilakukan secara virtual, ia mengharapkan dapat menjadi stimulus ekonomi dan menurut kajian yang telah di lakukan IPB sektor tersebut tumbuh positif.

”IPB telah melakukan kajian, adanya temuan pertanian adalah sektor yang positif di era disrupsi Co­vid-19,” kata Arif.

Ia mengatakan saat ini masyarakat akan mendapatkan rangsangan ekonomi dari pemerintah, aehingga ia percaya kondisi perekonomian negara akan tumbuh kearah positif, sehingga skenario yang dilakukan akan membangkitkan ekonomi Indonesia.

Arif pun mengatakan kalau stimulus itu berjalan dengan baik maka, ekonomi akan tumbuh dan akan ada optimisme pertumbuhan dari kondisi yang sekarang.

”Kalau stimulus berjalan baik, maka ekonomi akan tumbuh menjadi minus 0,06 persen dan dengan skenario yang lain akan bisa tumbuh minus 0,027 persen pada triwulan ketiga. Berarti ada optimisme dari kondisi sekarang yang minus lima persen,” tuturnya.

Jika seperti sayutan, perikanan, tanaman pangan dan komunitas ekspor makanan olah berjalan baik, maka akan menghidupkan kemajuan ekonomi.

”Ini bisa kita lakukan jika stimulus yang dilakukan ini selaras dengan yang kita inginkan,” ucapnya.

Berdasarkan penelitian yang dilakukan Arif, sektor paling berpengaruh saat ini ialah hasil peternakan karena adanya peningkatan permintaan produk makanan beku, dari peternakan dan perikanan.

Selain peternakan permintaan sayuran, buah dan tanaman biofarmaka juga alami peningkatan.

”Kemudian permintaan sayuran, buah dan tanaman biofarmaka juga mengalami peningkatan permintaan. Begitu juga dari makanan olahan dari , juga mengalami peningkatan permintaan menjadi bahan makanan olahan,” tuturnya ***

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here