Wednesday, 24 April 2024
HomeBeritaSimak, 5 Hal Unik yang Hanya Ada di Bulan Ramadan

Simak, 5 Hal Unik yang Hanya Ada di Bulan Ramadan

Bogordaily.net – Bulan suci 2021 dikabarkan jatuh pada Senin, 12 April 2021, bulan ini selalu hal unik yang menjadi kebiasaan masyarakat, khususnya di Indonesia.

Di setiap negara pasti mempunyai ciri khas dan hal unik tersendiri saat , sama halnya di Indonesia ada beberapa hal unik saat bulan puasa, 5 diantaranya adalah:

1. Membangunkan Sahur
Kegiatan membangunkan sahur sudah ada sejak jaman dahulu dan sudah menjadi tradisi masyarakat Indonesia. dimana biasanya anak muda akan berkeliling kampung dan membangunkan warga untuk sahur.
Biasanya berkeliling sambil pembawa kentongan bambu atau bahkan mendorong gerobak berisi bedug lalu memukul – mukul sambil berteriak “Sahuuur, sahuuur!”.

2. Menyalakan

Di Indonesia saat telah memasuki banyak sekali tukang dagang yang berjualan di pinggir jalan, lalu pembeli biasanya akan menyalakan saat malam hari atau sesudah salat tarawih.

3.

Makanan satu ini pasti tidak asing lagi saat memasuki bulan puasa, kebanyakan warga Indonesia saat akan berbuka puasa pasti menyiapkan sebagai makanan pembuka.

adalah olahan berbahan dasar pisang yang kadang ada pula disandingkan dengan ubim memiliki cita rasa yang manis sehingga menjadi makanan tepat untuk disantap saat berbuka puasa.

4. Ngabuburit

Ngabuburit adalah tradisi yang unik yang biasa dilakukan saat bulan dimana melakukan aktifitas untuk menunggu waktu berbuka puasa.

Biasanya ngabuburit dilakukan saat sore hari untuk berjalan – jalan atau sekalian berburu makanan untuk nanti disantap saat berbuka puasa.

5. Memukul bedug

Tradisi yang satu ini seperti menjadi ciri khas dari bulan dimana kita bisa mendengar alunan suara bedug yang dipukul oleh warga. Biasanya aktifitas memukul bedug dilakukan saat malam usai melaksanakan salat tarawih.
Suara bedug akan bersahut – sahutan terutama saat malam takbiran menjelang hari Raya Idul Fitri.***

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here