Friday, 29 March 2024
HomeKabupaten BogorAde Yasin: Masyarakat Harus Tetap Waspada Meski Kasus Covid-19 Melandai

Ade Yasin: Masyarakat Harus Tetap Waspada Meski Kasus Covid-19 Melandai

Bogordaily.net – Berkaca dari kejadian di negara , Bupati Bogor Ade Yasin ajak seluruh masyarakat dan stakeholder untuk tetap waspada.

Hal tersebut disampaikannya saat berdialog di (), bersama dan secara live di Pendopo Bupati, Cibinong, Senin 3 Mei 2021.

Menurut Ade Yasin meski angka kasus Covid-19 sudah mulai melandai, tetap kita tidak boleh lengah.

“Saat ini sedang terjadi ledakan kasus Covid-19 di , yang diakibatkan lengahnya masyarakat saat perayaan hari keagamaan. Hal ini segera kita sosialisasikan kepada masyarakat agar jangan sampai terjadi di negara kita. Mudah-mudahan masyarakat semakin paham,” ujar Bupati Bogor Ade Yasin.

Lanjut Ade, kalau dilihat dari okupansi rumah sakit sudah turun, kemudian kasus harian yang tadinya di angka 90 per hari sekarang sudah turun di angka 70 sampai 60 per hari.

Angka ini jika dibandingkan dengan jumlah penduduk, angkanya kecil.

“Selanjutnya, di pusat isolasi seperti di Cibogo dan Kemang pun sudah kosong, dan di rumah sakit juga sekarang kasusnya di bawah 20 persen,” katanya.

“Kemudian soal vaksinasi, di Kabupaten Bogor kita targetkan sebanyak 20 persen dari jumlah penduduk jadi sekitar 1,2 juta jiwa. Saat ini sudah sekitar 600 ribu-an warga yang sudah menerima suntikan vaksin,” tambahnya.

Ade menambahkan, Pemkab Bogor tidak langsung kendor dalam sosialisasi dan melaksanakan upaya memutus penularan Covid-19.

“Apalagi kita lihat di media massa seperti di Pasar Tanah Abang Jakarta, di mal dan lain-lain terjadi kerumunan. Memang, tidak hari ini mereka berkerumun, lalu kena, tapi bisa saja nanti terasanya setelah lebaran, menjadi kluster penularan baru,” ucapnya.

Untuk itu, Ade menyampaikan harus tetap waspada, menjelang bulan Ramadhan sudah diskusikan bersama Forum Komunikasi Pimpinan Daerah (Forkopimda), untuk mengantisipasi pergerakan masyarakat.

“Kemudian untuk Shalat Idul Fitri yang biasanya dilaksanakan di lapangan, kita arahkan untuk melaksanakan shalat di wilayah lingkungan masing-masing, misalnya di tingkat RT atau RW,” ungkapnya.

Sementara itu, AKBP Harun mengatakan, setelah melihat fenomena di dan kerumunan masyarakat seperti di Pasar Tanah Abang Jakarta, pihaknya langsung antisipasi dan koordinasi dengan semua pihak terkait, dan mulai antisipasi pada setiap weekend.

“Kita berkoordinasi dengan manajemen Mal, Pasar dan tempat-tempat wisata, kita terapkan PPKM Mikro. Kita juga melaksanakan pengawasan langsung di lapangan. kejadian di Tanah Abang mengingatkan kami jangan sampai terjadi di Kabupaten Bogor,” kata AKBP Harun.

Ia menjelaskan, keberlangsungan kegiatan di pasar, mal, tempat wisata dan tempat-tempat lain yang berpotensi menciptakan kerumunan tetap boleh berjalan dengan beberapa syarat, seperti menerapkan Protokol Kesehatan, kemudian kapasitas tempat harus diperhatikan.

“Kalau di dalam sudah melebihi kapasitas 50 persen harus segera distop. Alhamdulillah dari pengawasan kami di lapangan sampai saat ini berlum terjadi hal-hal yang tidak diinginkan,” ucapnya.

Selanjutnya Kabupaten Bogor, Letkol Inf. Sukur Hermanto menuturkan, angka penyebaran Covid di wilayah Kabupaten Bogor secara kuantitas sudah mulai menurun, artinya secara penyebaran sedikit banyak sudah bisa kita tekan angkanya.

“Walaupun di beberapa titik kegiatan masyarakat, masih ada saja yang belum mematuhi Protokol Kesehatan. Ada juga masyarakat yang sudah bawa masker tapi tidak digunakan, maka kita harus betul-betul lakukan penetrasi lebih dalam kepada masyarakat,” ungkapnya.***

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here