Amalan Terbaik Bulan Syawal

  • Whatsapp
Bulan Syawal

Bogordaily.net – Ada beberapa amalan yang sangat baik dilakukan di bulan Syawal bahkan dianjurkan pada bulan ini, mulai dari berpuasa hingga menikah.

Bulan Syawal adalah bulan baik bagi umat muslim, ditandai dengan hari raya Idul Fitri yang jatuh pada awal bulan. Ada pun yang pertama adalah bersilaturahmi,

Ibnu Umar Radhiyallahu ‘anhu berkata,
” Siapa yang bertakwa kepada Rabb-nya dan menyambung Silaturrahmi niscaya umurnya akan diperpanjang dan hartanya akan diperbanyak serta keluarga akan mencintainya.”

Kemudian Shalat Ied seperti Hadist Riwayat Muslim dari Ummu ‘Athiyah, beliau berkata,

Baca Juga  Hari Ini Pelaksanaan Pelarangan Mudik Dimulai

” Nabi Muhammad Shalallahu allahi wassalam memerintahkan kepada kami pada saat shalat Idul Fitri agar mengeluarkan para gadis yang baru beranjak dewasa dan wanita yang dipingit, begitu pula wanita yang sedang haid. Namun beliau memerintahkan pada wanita yang sedang haid agar menjauhi tempat Shalat.”

Sementara itu HR. Muslim juga menuliskan,

” Barangsiapa yang telah melaksanakan puasa Ramadhan, kemudian dia mengikutkannya dengan puasa selama enam hari di bulan Syawal maka dia mendapatkan pahala sebagaimana orang yang berpuasa selama satu tahun.”

Baca Juga  Bupati Bogor Larangan ASN Gelar Open House Dihari Lebaran

Lalu ada Asma’ Abi Bakr mengatakan bahwa, Rasulullah bersabda kepadaku:

” Infakkanlah hartamu, janganlah Engkau menghitung hitungnya atau menyimpan tanpa mau mensedekahkan. Jika tidak Allah akan menghilangkan barokah rezeki tersebut.”

Janganlah menghalangi Anugerah Allah untukmu. Jika tidak, maka Allah akan menahan Anugerah dan kemurahan untukmu.

Rasulullah menikahi Sayyidah Aisyah pada Syawal.

” Rasullah Shalallahu allaihi wasalam menikahi pada bulan Syawal dan mengadakan malam pertama pada bulan Syawal. Istri Rasullah mana yang lebih beruntung ketimbang diriku di sisi beliau?” HR. Muslim.***

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *