Sunday, 28 April 2024
HomeBeritaBPOM Tarik Obat Cina Covid-19 Lianhua Qingwen yang Beredar

BPOM Tarik Obat Cina Covid-19 Lianhua Qingwen yang Beredar

Bogordaily.net – Badan Pengawas Obat dan Makanan () menarik obat Cina Covid-19 yang bernama Lianhua Qingwen Capsules (), yang dipercaya bisa mempercepat penyembuhan Covid-19.

meluruskan, tak semua produk LQC disetop. Tepatnya, yang dicabut izin edarnya adalah jenis LQC Donasi yang sempat diterbitkan oleh Badan Nasional Penanggulangan (BNPB).

Atas rekomendasi , melalui Sistem Layanan Perizinan Tanggap Darurat, Aplikasi Indonesia National Single Window (INSW).

Berdasarkan kajian, LQC Donasi diketahui mengandung ephedra, bahan yang dilarang penggunaannya dalam obat tradisional lantaran berpotensi memicu masalah kardiovaskular, dan sistem saraf pusat.

Karena LQC Donasi (Tanpa Izin Edar Badan POM) hanya digunakan untuk mengobati gejala simptomatik, seperti mempercepat hilangnya demam dan gejala simptomatik lainnya.

“Berdasarkan hasil studi, LQC Donasi diketahui tidak menahan laju keparahan (severity), tidak menurunkan angka kematian, serta tidak mempercepat konversi swab test menjadi negatif,” terang dalam rilis yang diterima detikcom, Senin 24 Mei 2021.

Salah satu komposisi dari LQC Donasi (Tanpa Izin Edar Badan POM) adalah Ephedra.

Terlebih lagi, Ephedra merupakan bahan yang dilarang digunakan dalam obat tradisional (negative list) berdasarkan Peraturan Kepala Badan POM Nomor: HK.00.05.41.1384 Tahun 2005 tentang Kriteria dan Tata Laksana Pendaftaran Obat Tradisional, Obat Herbal Terstandar, dan Fitofarmaka.

Dikarenakan dapat menimbulkan efek yang berbahaya pada sistem kardiovaskular dan sistem saraf pusat.

Berbeda dengan obat Cina Covid-19 jenis LQC yang terdaftar di , terbukti tak mengandung ephedra sebagaimana pada LQC Donasi.

Oleh karena itu, LQC ini tetap disetujui beredar oleh , dengan pertimbangan dapat membantu meredakan panas dalam, tenggorokan kering, dan meredakan batuk.

Obat ini memiliki aturan pakai sehari 3 kali 4 kapsul sesudah makan dan dapat digunakan tanpa resep dokter.

mengingatkan, masyarakat perlu berhati-hati menggunakan obat tradisional untuk menyembuhkan Covid-19.

“Selalu lakukan Cek KLIK. Pastikan kemasan dalam kondisi baik, baca seluruh informasi pada label produk, pastikan produk yang akan dibeli dan digunakan mempunyai Izin Edar dari dan pastikan tidak melewati masa kedaluwarsa,” pungkas dalam keterangan terkait LQC obat Cina Covid-19.***

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here