Friday, 29 March 2024
HomeKabupaten BogorHari Ini, Penyekatan Pemudik di Kabupaten Bogor Mulai Diberlakukan

Hari Ini, Penyekatan Pemudik di Kabupaten Bogor Mulai Diberlakukan

Bogordaily.net – Menyikapi kebijakan pelarangan mudik dan antisipasi pemudik yang sudah masuk serta penyegahan penyebaran Covid-19 di , Forum Komunikasi Pimpinan Daerah (Forkopinda) akan menyelenggarkan Operasi Ketupat 2021 yang akan dilaksanakan selama 12 hari, mulai dari tanggal 6 sampai 17 Mei 2021.

Wakil Bupati Bogor Iwan Setiawan mengatakan, pada Operasi Ketupat tahun 2021, substansi dari kebijakan pelarangan mudik oleh Pemerintah adalah mencegah penyebaran Covid-19 agar tidak terjadi klaster- klaster pada saat kegiatan di Bulan Suci Ramadan seperti klaster pesantren, klaster mudik, klaster ziarah, klaster taraweh, dan lain sebagainya.

“Menindaklanjuti ini, Kami Pemkab Bogor bersama TNI, Polri, dan Satgas Covid-19 sudah melakukan persiapan mulai dari rapat, penentuan delapan titik penyekatan di terutama di wilayah perbatasan. Untuk yang terlanjur mudik kita sudah siapkan tempat karantina di Megamendung dan Kemang, saat ini sedang diinventarisir oleh Satgas Covid-19 Kecamatan kalau memang ada, siap kita karantina, “ ungkapnya saat memimpin Apel Gelar Pasukan Operasi Ketupat 2021 di Lapangan Tegar Beriman, Rabu 5 Mei 2021.

Wabup mengungkapkan, peningkatan aktivitas masyarakat akan terjadi dalam bentuk kegiatan ibadah dan kegiatan masyarakat di sentra-sentra ekonomi, destinasi pariwisata, serta kegiatan budaya seperti takbir keliling dan halal bi halal.

“Hal ini tentu saja sangat menimbulkan gangguan Kamtibmas, gangguan Kamseltibcar lantas, dan Kesehatan Covid-19,” beber politisi Partai Gerindra itu.

Iwan menambahkan, berdasarkan hasil survei Kementerian Perhubungan, kebijakan Pemerintah tidak melaksanakan larangan mudik maka akan terjadi pergerakan orang yang melakukan perjalanan mudik sebesar 81 juta orang. Namun setelah diumumkannya larangan mudik, masih terdapat 7% atau 17,5 juta orang yang akan melaksanakan mudik.

“Oleh karena itu, kegiatan Operasi Ketupat 2021 harus dilaksanakan dengan sungguh-sungguh oleh seluruh jajaran dalam rangka menempatkan keselamatan masyarakat sebagai hukum tertinggi,” pintanya.

Sementara itu Kabag Ops Polres Bogor Kompol Fitra menambahkan, jajarannya telah mempersiapkan 12 Pospam, dan 157 pos pantau untuk mengantisipasi pemudik yang berusaha masuk melalui jalur tikus. “Mulai malam ini kita akan melakukan razia yang baik itu kendaraan roda dua, empat, angkutan umum dan perjalanan. Setiap pos akan dijaga oleh personil yang standby 24 jam,” pungkasnya.***

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here