Saturday, 25 May 2024
HomeBeritaPembukaan Ngajar Ngabring (Jaring) oleh Bogor Youth Forum

Pembukaan Ngajar Ngabring (Jaring) oleh Bogor Youth Forum

Bogordaily.net – Ditengah kondisi Covid-19 Komunitas mengadakan kegiatan Ngajar Ngabring (Jaring) bagi masyarakat khususnya .

Kegiatan jaring ini dilakukan untuk mengatasi rasa rindu anak-anak, dengan kegiatan sekolahnya dan tetap mematuhi Protokol Kesehatan (prokes).

“Karena pada masa kita melihat anak-anak usia dini yang duduk di bangku sekolah dikembalikan kepada orang tuanya masing-masing, sudah kurang lebih satu tahun tidak mengalami kegiatan belajar dan berinteraksi dengan teman sebayanya,” ucap Dendi, salah satu Perintis Bogor Youth Forum.

Lanjutnya, selain itu, BYF sudah mendengar keluhan para orang tua yang sudah kewalahan untuk mendidik anaknya seperti layaknya sekolah, maka dari itu dirinya mencoba untuk lebih responsif dengan keadaan ini.

Kegiatan Jaring ini di support penuh oleh Halaman atau Cafe Eyang, yang berkolaborasi bersama Paguyuban Tarikolot, dan Forum Anak (Fabogut).

Jaring
Suasana kegiatan Ngajar Ngabring (Jaring) oleh Komunitas pada Sabtu 22 Mei 2021.(Istimewa/Bogordaily.net)

Lalu Kabupaten Bogor Mengajar, Akselerasi Kompetensi Anak Negeri, Laskar Koin Seribu, Sekolah Bersama Yuk, hingga Gerakan Mengajar Desa.

“Kami sangat berterima kasih kepada Komunitas Bogor Youth Forum pada pemilihan tempat yang sesuai dengan kriteria anak-anak. Jujur disini anak-anak masih perlu bimbingan dan kembali setelah pembelajaran secara online. Dan melihat konsep kurikulum dalam Jaring ini sangat menarik, maka kami siap support,” ujar Ketua Paguyuban Tarikolot Ciluar.

Skenario pembukaan yang dibuka secara langsung oleh Bapak Marse Hendra Saputra, S.STP selaku Camat Kecamatan Bogor Utara yang membuka semangat untuk kegiatan ini.

Selain dari beberapa komunitas yang tergabung, ada beberapa Relawan Umum sebagai pengajar kurikulum anak-anak ikut bangga dan hebat kepada Camat Bogor Utara yang bisa langsung turun pada Masyarakat.

Walaupun skenario yang dibuat dikemas secara ringkas mulai dari Pertunjukan Silat, Penanaman Pohon, Pengenalan lokasi kegiatan, hingga pengenalan anak-anak dengan jumlah 30 Anak sebagai peserta didik nanti.

“Saya merasa Jaring ini perlu didukung penuh. Karena kenapa? Melihat isi kurikulum tentang Sejarah, Calistung, Pembelajaran Agama, Meraih Mimpi dan pembelajaran lainnya masuk dalam kurikulum yang membuat kegiatan mengajar untuk anak-anak pas untuk diaplikasikan. Lebih dari 6 Bulan kita merasa bahkan para Orang Tua pun bosan dengan aktivitas pembelajaran Online yang berada di rumah, untuk itu kegiatan inu hadir sebagai penyegaran anak-anak untuk bermain dan belajar kembali dialam terbuka,” ujar Camat Bogor Utara dalam arahannya.

Walaupun dalam kondisi Covid-19, kegiatan yang berjalan selama 6 pekan pada setiap sabtu dan minggu dengan Protokoler Kesehatan menggunakan 5M.

Ngajar
Anak-anak Pertunjukan Silat saat Ngajar Ngabring (Jaring) oleh Komunitas pada Sabtu 22 Mei 2021.(Istimewa/Bogordaily.net)

Kondisi alam terbuka tidak membuat keterbatasan peserta sesuai aturan Satgas Covid Kecamatan Bogor Utara.

“Kegiatan belajar ini tetap dilaksanakan dengan aturan Prokes yang ada sesuai dengan arahan Satgas Covid Kecamatan Bogor Utara. Peserta didik selalu menggunakan Masker bahkan pada setiap masuk kurikulumnya wajib dengan namanya mencuci tangan terlebih dahulu,” tambahnya.

Kemudian, kata Marse, tujuan utama diadakannya Jaring sebagai bentuk pengabdian kepada masyarakat langsung, semoga dengan pembelajaran pada kurikulum yang telah dibuat menjadi acuan utama, untuk mencerdaskan generasi anak-anak bangsa saat ini.

“Terima kasih kepada Paguyuban Tarikolot yang telah mensupport semuanya pada giat ini, serta terima kasih untuk Fabogut dan juga kominitas partner lainnya yang telah bersedia mendampingi serta memberikan pengajaran bagi anak-anak,” tutur Melly sebagai Ketua Pelaksana.

Kegiatan positif ini juga didukung oleh Muspika Bogor Utara dan juga pihak Media Partner serta Sponsorship, diantaranya Bogordailynews, Bogor.terkini.id, Mhtnesia Center, Bogorchannel.id, Jabaronline, Kilasberita.id.

Kemudian Jabar.indonesiasatu.co.id, Official Bogor kita, Kuyou.id, Halobogor, Heibogor, Suara Indonesia, Jabar.net, Sorotrakyat.com, Onlinenews.bin, Haluan rakyat.id, Jurnal bogor, Jendelakita.

Bahkan Bogor24update, Relawanhits, ACT Bogor, La Vida, Yamaha Ramarayo Motor Bogor, SIlaru Adventure, Baby Fish, Sonjak Indonesia dan Saninten Indonesia.***

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here