Wednesday, 24 April 2024
HomeNasionalJumlah Pemudik Lebaran Tahun 2021 Berkisar 1,5 Juta

Jumlah Pemudik Lebaran Tahun 2021 Berkisar 1,5 Juta

Bogordaily.net – Hasil survei yang ditujukan untuk mitigasi dan antisipasi mengungkap bahwa, terdapat 33 persen kecenderungan masyarakat akan ke kampung halaman jika pemerintah tidak melarang pada lebaran tahun 2021.

Budi Karya Sumadi mengatakan, jumlah masyarakat yang bersikeras pada Lebaran tahun 2021 kali ini masih lebih kecil dibandingkan dengan prediksi dari hasil survei.

Terlebih lagi, 11 persen masyarakat diprediksi akan tetap mudik meski Pemerintah melarang , hingga kemudian angka itu kembali turun menjadi 7 persen setelah pemerintah mengampanyekan larangan lebaran.

“Setelah itu kami melakukan suatu aksi-aksi yang dilakukan oleh K/L (Kementerian/Lembaga) termasuk Polri, maka (jumlah masyarakat yang lebaran) turun lagi.
Menurut catatan kami, kurang lebih 1,5 juta lebih sedikit,” ujar , Budi dalam telekonferensi, Sabtu 15 Mei 2021.

untuk itu, Budi memastikan Pemerintah telah berusaha untuk membuat sejumlah kebijakan guna menekan prediksi jumlah pemudik lebaran agar bisa lebih rendah dari hasil survei.

Sejumlah pemantauan dan koordinasi harian, Budi menuturkan, telah dilakukan Kemenhub di momentum lebaran kali ini, baik di wilayah transportasi darat, udara, laut, dan kereta api.

“Kita bahkan juga menetapkan adanya delapan aglomerasi yang memungkinkan (masyarakat untuk) melakukan pergerakan,” katanya.

Sementara itu, Budi juga mengeklaim bahwa apa yang telah dilakukan Kemenhub di tengah kebijakan larangan sudah cukup efektif.

Hal itu ditandai adanya penurunan jumlah penumpang, baik di transportasi udara, laut, hingga kereta api hingga sekitar 10 persen.

“Di mana ada kumulasi dari pergerakan kurang lebih 55 persen sejak pra sampai peniadaan mudik,” ungkapnya.***

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here