Monday, 29 April 2024
HomeBeritaKetua DPD PAN Kabupaten Bogor Beri Bantuan Kepada Warga Desa Rengasjajar yang...

Ketua DPD PAN Kabupaten Bogor Beri Bantuan Kepada Warga Desa Rengasjajar yang Terdampak Banjir Bandang

Bogordaily.net – Ketua telah memberi bantuan kepada warga desa Rengasjajar, yang terdampak pada Senin 17 Mei 2021 sekitar pukul 21.00 WIB.

Hujan dengan intensitas tinggi membuat debit air di aliran kali Cidangder, Kecamatan Cigudeg, , Jawa Barat, meluap dan menyebabkan .

Akibatnya, beberapa Desa di Kecamatan Cigudeg terendam banjir, setinggi dengkul orang dewasa hingga berdampak ke permukiman warga.

Yang terkena bencana yakni, Desa Rengasjajar, Desa Batujajar, Desa Tegalega, Desa Banyu Asih dan Desa Banyuwangi di Kecamatan Cigudeg.

Ketua , Arif Abdi bersama Sekretaris , Permadi Dalung menyerahkan bantuan kepada warga yang terdampak di Desa Rengasjajar.

“Bantuan logistik berupa beras, telur, mie instan, air mineral, baju layak pakai dan lain-lain,” ujar Ketua , Arif Abdi saat usai memberikan bantuan di Desa Rengasjajar, Rabu 19 Mei 2021.

Ia menambahkan, bantuan tersebut langsung di berikan kepada Kepala Desa Rengasjajar, Rusli.

Diketahui sebanyak 1.211 warga Desa Rengasjajar, Kecamatan Cigudeg menjadi korban terdampak bencana banjir bandang, dari Sungai Cidangdeur yang terjadi pada Senin 17 Mei 2021.

Sebelumnya, Bupati Bogor, Ade Yasin lakukan peninjauan langsung ke Lokasi Bencana Banjir Bandang, Kampung Kedaung RT01,02/RW11, RT02/RW14, dan RT01, 02, 04/RW15, Desa Rengasjajar, Kecamatan Cigudeg, , Rabu 19 Mei 2021.

Itu dilakukan untuk memberikan bantuan logistik berupa kebutuhan pokok, obat-obatan dan bantuan kesehatan, serta untuk memastikan penyebab utama banjir badang di wilayah tersebut.

Bupati Bogor Ade Yasin menyatakan, berdasarkan hasil tinjauan langsung lokasi bencana banjir bandang hingga ke sekitaran sungai.

Banjir ini disebabkan adanya tanggul jebol akibat debit air yang tinggi, dari sungai Cidangder, sehingga menyebabkan air sungai meluap masuk ke pemukiman warga di Kampung Kedaung Desa Rengasjajar Kecamatan Cigudeg.

“Banyak pemukiman warga yang rusak terutama mereka yang tinggal di pinggiran sungai. Selain tanggul yang jebol, banjir bandang juga disebabkan pendangkalan sungai, jadi penanganannya selain memperbaiki tanggul jebol,” ujar Bupati Bogor, Ade Yasin.

Menurutnya, ada tiga desa yang ia tinjau salah satunya Desa Tegal Lega untuk memastikan masalah apa, dan melihat langsung situasi disana.

“Jadi kita tahu apa yang perlu diperbaiki,” katanya.

“Yang terdampak cukup banyak, lebih dari 300 KK, Alhamdulilah kita juga sediakan posko kesehatan dengan menurunkan sejumlah tenaga kesehatan, untuk membantu apabila ada korban banjir bandang yang demam,” ungkapnya.***

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here