Tuesday, 14 May 2024
HomeBeritaBendungan Katulampa Siaga II, Warga Bogor Harus Tetap Waspada

Bendungan Katulampa Siaga II, Warga Bogor Harus Tetap Waspada

Bogordaily.net – Hujan mengguyur wilayah Bogor pada Selasa, 22 Juni 2021 yang menyebabkan debit air sungai Ciliwung di Bendungan , Kota Bogor, Jawa Barat tinggi hingga mencapai status Siaga Dua.

Tercatat Bendungan mencapai status Siaga Dua, seperti yang diungkapkan Petugas Bendung bahwa terpantau ketinggian air mencapai 170 centimeter.

Petugas Jaga Bendung M. Jaenudin mengungkapkan bahwa kenaikan itu terjadi sekira pukul 22.50 WIB. Tinggi air semula yang hanya 50 centimeter, dalam waktu singkat mencapai 170 centimeter karena curah hujan yang terus menerus turun.

“Sekarang statusnya ,” ucap Jaenudin pada Selasa, 22 Juni 2021.

Tercatat bahwa 339.679 liter per detik air yang mengalir di Bendung Kota Bogor menuju Jakarta. Debit air tersebut diperkirakan sampai di wilayah Ibu Kota dalam waktu 9-12 jam ke depan.

“Kami terus koordinasi dengan pintu air lainnya dan . Kondisi di Puncak masih hujan,” ucap Jaenudin.

Sementara itu, informasi dari Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kota Bogor, pada pukul 22.43 WIB, Tinggi Muka Air (TMA) Bendung Ciliwung Bogor mencapai 160 centimeter status Siaga Dua dalam kondisi hujan.

Lalu, pada pukul 22.50 WIB, TMA Bendung Ciliwung Bogor mencapai 170 centimeter dan masih dalam status Siaga Dua dalam kondisi hujan.

Hingga pada pukul 00.01 WIB, Rabu, 23 Juni 2021 TMA mencapai 130 centimeter masuk dalam status Siaga Tiga dan kondisi cuaca mendung.

BPBD Kota Bogor pun meminta, bagi warga yang tinggal di pinggir aliran air Sungai Ciliwung untuk tetap waspada karena debit tinggi air yang berubah-ubah

Sementara itu, dikutip dari Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (), diperkirakan cuaca di wilayah Jabodetabek, Rabu 23 Juni 2021 yakni cerah berawan dan hujan sedang.

Hujan kemungkinan hanya turun dengan intensitas ringan hingga sedang di sebagian wilayah Bogor pada siang, sore, dan malam hari. Kemungkinan pula diguyur hujan berintensitas tinggi di malam harinya.***

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here