Tuesday, 16 April 2024
HomeBeritaBesok Ganjil-genap Diterapkan Lagi, Dinilai Efektif Untuk Menekan Penyebaran Covid-19 

Besok Ganjil-genap Diterapkan Lagi, Dinilai Efektif Untuk Menekan Penyebaran Covid-19 

Bogordaily.net – Pemerintah Kota (Pemkot)  Bogor menerapkan kembali sistem ganjil-genap untuk kendaraan roda empat dan roda dua pada Sabtu 26 Juni 2021 dan Minggu 27 Juni 2021 karena dinilai efektif untuk mengurangi mobilitas warga.

Wali Kota Bogor dan sekaligus Ketua Satgas Penanganan Covid-19 Kota Bogor, mengatakan, pelaksanaan operasi ganjil-genap pada akhir pekan di Kota Bogor tujuannya bukan untuk kelancaran arus lalu-lintas. Tapi untuk mengurangi mobilitas warga, guna menekan penyebaran Covid-19 di Kota Bogor.

“Berdasarkan penelitian Dinas Kesehatan Kota Bogor, ada dua klaster penularan Covid-19 di Kota Bogor yakni klaster keluarga dan klaster luar kota,” kata Wali Kota Bogor, .

menjelaskan, klaster keluarga kalau dibedah lagi, asalnya kebanyakan dari klaster luar Kota Bogor.

“Warga Kota Bogor yang bekerja di luar kota, terutama Jakarta, tertular Covid-19 dan menularkan anggota keluarganya. Bisa juga warga dari luar Kota, datang ke Kota Bogor dan terjadi penularan,” jelasnya.

Diketahui sebelumnya, operasi ganjil-genap ada lima lokasi check point untuk penyekatan kendaraan yang plat nomornya tidak sesuai dengan tanggalnya.

Hasilnya, pada Sabtu 19 Juni 2021, ada sebanyak 3.095 kendaraan diputarbalik arah oleh petugas gabungan yang berada di lima lokasi check point yang meliputi 1.486 unit sepeda motor dan 1.609 unit kendaraan roda empat.

Pada Minggu 20 Juni 2021, ada sebanyak 4.476 kendaraan yang diputarbalik arah, terdiri atas 2.197 unit sepeda motor dan 2.279 unit kendaraan roda empat.

Kendaraan tersebut diputarbalik arah di lima lokasi check point yakni, di pertigaan Terminal Baranangsiang, di Jalan Raya Pajajaran depan Restoran Bumi Aki, Bunderan Air Mancur, di Jalan Kapten Muslihat dekat Irama Nusantara, serta di simpang Jalan Empang.***

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here