Saturday, 4 May 2024
HomeBeritaBupati Bogor Langsung Beri PR Untuk Kadis Disdukcapil Usai Dilantik

Bupati Bogor Langsung Beri PR Untuk Kadis Disdukcapil Usai Dilantik

Bogordaily.net – Bupati Bogor, resmi melantik sekaligus memberikan amanah kepada sebagai Kepala Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Kadisdukcapil) Kabupaten Bogor.

Pada momen tersebut, langsung menegaskan terkait PR yang resmi dilantik di Ruang Rapat BPKPSDM Kabupaten Bogor, Cibinong, Senin 14 Juni 2021.

Ade tegaskan kepada bahwa pelayanan dasar masyarakat harus dilakukan dengan cepat, tepat dan akurat.

“Saya ingin pelayanan dasar masyarakat berjalan cepat, tepat, dan akurat. Harus ada respon yang cepat, kalau Standar Operasional Prosedur (SOP) nya 14 hari selesai, harus selesai. Kalau kurang dari itu lebih baik, jangan sampai melebihi SOP yang sudah ditentukan,” tegas Ade Yasin.

Ade Yasin mengatakan, merupakan dinas pelayanan dasar masyarakat. Kerjanya melayani masyarakat secara administrasi maupun secara pelayanan.

Proses pengerjaan Karu Tanda Penduduk (), Kartu Keluarga (), Akta Kelahiran, Kartu Identitas Anak () dan lain sebagainya pun harus disegerakan.

Kemudian, Ade Yasin memaparkan, bahwa dirinya seringkali mencatat aduan-aduan masyarakat terkait pelayanan dukcapil.

Biasanya langsung diteruskan kepada Kepala Dinas, tapi karena kemarin sempat terjadi kekosongan, jadi disampaikan ke staf-stafnya.

Ketika ada aduan di medsos dan dimanapun selalu dicatat dan ditindaklanjuti melalui Kepala Dinas nya.

“Pekerjaan tambahan Kepala Dinas adalah setiap hari mengikuti berita dan perkembangan terutama berkaitan dengan aduan masyarakat, pastikan apakah masyarakat sudah terlayani dengan baik,” ucap Ade Yasin.

Ia menambahkan, jangan sampai ada masyarakat yang mengeluh lama mengantri mendapatkan dokumen kependudukan dan yang lainnya. Perhatikan SOP jangka waktu pengurusan, sehingga tidak ada lagi keluhan masyarakat.

Dalam pelantikan itu, Ade Yasin pun meminta, program layanan antar dokumen kerjasama dengan Kantor Pos diteruskan, karena masyarakat merasa mendapatkan kemudahan ketika dokumen-dokumen yang sudah selesai diantar langsung ke masyarakat melalui Kantor Pos.

“Kasihan kalau masyarakat misalnya yang dari Jasinga, Tenjo, Sukamakmur, Tanjungsari, dan wilayah yang berjauhan lainnya harus mengambil dokumen langsung ke Cibinong. Jadi pelayanan harus mempermudah masyarakat dengan layanan antar tersebut,” ungkap Ade Yasin.

Sebelumnya, Kadisdukcapil Kabupaten Bogor ialah Herdi. Namun, Yang Maha Kuasa memanggilnya lebih dulu. Ia meninggal dunia pada Senin, 25 Januari 2021.

Kemudian, Arman Jaya lah yang dipilih menjadi pelaksana tugas (Plt) Kadisdukcapil Kabupaten Bogor. Hingga akhirnya menggantikan posisi tersebut yang semula menjabat sebagai Kepala Dinas Pemuda dan Olahraga (Kadispora) Kabupaten Bogor yang langsung diberikan PR oleh Bupati Ade Yasin. ***

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here