Friday, 29 March 2024
HomeBeritaDedie : Alun-alun Kota Bogor Harus Selaras Konsep Heritage

Dedie : Alun-alun Kota Bogor Harus Selaras Konsep Heritage

Bogordaily.net – Saat ini pembangunan Alun-alun sudah mulai berlangsung. Proses cut and fill pun saat ini tengah dikerjakan oleh kontraktor.

Pemerintah Kota () Bogor pun mengingatkan, agar pembangunan bisa menyelaraskan heritage di kawasan tersebut.

Hal itu dikatakan Wakil Wali , A Rachim saat rapat teknis sekaligus meninjau lokasi pembanguan Alun-alun dan Stasiun Bogor, Selasa 29 Juni 2021.

“Intinya, kita mencapai kesepakatan dengan PT KAI, PT KCI dan juga Balai Teknik Perkeretapian Jawa Barat untuk dilakukan langkah-langkah teknis pengintegrasian Stasiun Bogor dari arah bangunan lama dengan Alun-alun, Nyi Raja Permas, hingga Masjid Agung,” kata Wakil Wali , A Rachim usai peninjauan.

Kesepakatan yang sudah dicapai itu, sambung , dilanjutkan dengan langkah-langkah teknis yang lain. Seperti pembukaan tembok yang menjadi pagar batas antara Stasiun dan Alun-alun, pembangunan toilet dan pembenahan pedestrian.

Alun alun

Selanjutnya, menyampaikan bahwa pedestrian yang dibenahi, meliputi pedestrian di Jalan Nyi Raja Permas dari Jalan Muslihat sampai dengan areal Pasar Blok G. Hal itu kemudian akan dilakukan sinkronisasi.

“Kemudian juga nanti Dinas Perumkim akan menata ulang dibantu Dinas Perhubungan untuk lampu hias atai PJU nya. Termasuk juga untuk pemeliharaan dan perawatan pohon. Termasuk pemasangan peneng status pohon diarea depan Stasiun,” ucapnya

Saat ini, proses yang sedang dilakukan dalam pembangunan cut and fill. Kemudian setelah ini, progres akan diajukan dengan penataan saluran air atau drainase di sekitar pembangunan.

Namun, kata , masih terdapat pekerjaan rumah yang harus dikerjakan. Yakni pembangunan jalur pejalan kaki atau pedestrian di Jalan Dewi Sartika dari titik Bank BJB hingga Blok F Pasar Kebon Kembang.

“Itu yang masih menjadi PR yakni Pembenahan drainase dan juga pembangunan pedestriannya. Selain itu saya minta koordinasi semua instansi, termasuk wilayah. Untuk adanya langkah bersama dan aturan yang baku,” pungkasnya.***

1 COMMENT

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here